Enhanced Oil Recovery Festival, Dorong Peningkatan Produksi Minyak Nasional

0
84
Ilustrasi Blok Migas di Indonesia Timur (Foto: Kementerian ESDM)

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral – Ditjen Minyak dan Gas, saat ini menggelar Festival EOR (Enhanced Oil Recovery) 2022. Festival ini merupakan ajang pengakuan dari pemerintah dan industri migas nasional kepada kontraktor kontrak kerja sama (K3S) dan technology provider atas upaya-upaya yang telah dilakukan dalam implementasi teknologi EOR.

Berikut Teknologi EOR yang dapat diikutkan dalam festival:

  1. Teknologi injeksi kimia menggunakan polimer, surfaktan, dan alkalin secara tunggal atau perpaduan dua atau tiga bahan kimia tersebut.
  2. Teknologi injeksi gas yaitu proses pendesakan minyak dengan fluida gas. Gas yang umum digunakan adalah gas CO2, N2, LPG, dan flue gas. Injeksi gas untuk pressure maintenance tidak termasuk dalam kategori ini.
  3. Teknologi injeksi panas yaitu proses pengurasan minyak pada reservoar minyak berat dengan viskositas tinggi. Panas dapat disuplai dari luar reservoar melalui injeksi uap panas atau air panas atau dapat dibangkitkan dalam reservoar itu sendiri melalui pembakaran.
  4. Teknologi microbial enhanced oil recovery (MEOR) yaitu penggunaan mikroba untuk peningkatan pengurasan minyak.
  5. Teknologi EOR nonkonvensional di antaranya advanced waterflood, vibroseismik, dan lainnya.

Tujuan penyelenggaraan Festival EOR 2022 adalah mendorong percepatan implementasi teknologi EOR secara masif dalam rangka peningkatan cadangan dan produksi minyak nasional.

“Peserta festival terbuka untuk seluruh KKKS yang beroperasi pada wilayah kerja pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia dan technology provider, bisa perusahaan ataupun lembaga lain yang melakukan riset atau kegiatan EOR yang menyediakan teknologi EOR untuk aplikasi di lapangan-lapangan minyak Indonesia,” ungkap Setyorini, Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Pengujian Migas LEMIGAS seperti dalam keterangan resmi Kementerian ESDM.

Sebagai informasi, tujuan Festival EOR 2022 adalah memberikan apresiasi atas upaya-upaya implementasi EOR yang telah dilakukan oleh KKKS dan technology provider, sekaligus ajang sharing best practices dan lessons learned bagi para stakeholders dalam pengembangan dan implementasi teknologi EOR.

Kategori award yang diberikan dalam Festival EOR 2022 ini terdiri atas EOR Achievement Award (atau Field EOR Award) dan EOR Innovation Award (Lab EOR Award) yang seleksinya akan dilakukan sampai pertengahan Agustus 2022.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani