Program Kartu Prakerja Mendapat Apresiasi UNESCAP

0
48
Sekretaris Eksekutif United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), Armida S. Alisjahbana (Foto: Infopublik)

(Vibizmedia – Nasional) United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Program Kartu Prakerja di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Eksekutif Armida S. Alisjahbana.

“Selain membantu masyarakat Indonesia dengan meningkatkan keahlian dan kompetensi, program ini juga menjadi sarana semi bantuan sosial kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19,” kata Armida dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6/2022).

Sejak dimulai pada April 2020 hingga Juni 2022 tercatat sebanyak 12,8 juta orang telah menerima manfaat kartu Prakerja, terbagi atas 53 persen penerima laki-laki dan 47 persen penerima perempuan.

Program Kartu Prakerja juga menjadi bagian dari Sustainable Development Goals (SDG’s) karena program itu dinikmati di 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Program Kartu Prakerja juga turut berkontribusi dalam peningkatan keuangan inklusif karena menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan formal maupun fintech dalam penyaluran insentifnya.

“Kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan UNESCAP dapat diwujudkan agar program ini dapat direplikasi negara lain, khususnya negara di kawasan Asia Pasifik,” ujar Armida.

Sekretaris Eksekutif UNESCAP juga mengapresiasi penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia. Momen penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat menjaga kesatuan G20 dalam rangka memberikan solusi bagi persoalan global yang saat ini tengah terjadi.

Selain itu, Armida juga mendukung capaian dan progres dari program-program Pemerintah dalam mendorong tercapainya SDGs di Indonesia. Capaian dan keberhasilan Pemerintah Indonesia dalam program implementasi SDGs diharapkan dapat menjadi best practices bagi negara lain di kawasan Asia Pasifik.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani