Wapres Apresiasi CFCD Terus Dukung Pencapaian SDGs Indonesia

0
89
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menerima audiensi dari jajaran pengurus Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat, Rabu (29/06/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Jakarta) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menerima audiensi dari jajaran pengurus Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat, Rabu (29/06/2022).

Pada kesempatan ini, Wapres menyampaikan apresiasinya terhadap kiprah CFCD yang terus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia melalui berbagai programnya.

“Saya mengapresiasi CFCD yang terus mendukung pencapaian SDGs di Indonesia dengan aktif mendorong terwujudnya kemitraan strategis multipihak dalam pencapaian SDGs, membantu korporasi dalam merumuskan peran strategis baru pada SDGs dan keberlanjutannya, serta pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Berbagai upaya tersebut, sambung Wapres, diharapkan dapat mendorong upaya pembangunan ekonomi yang inklusif, ramah lingkungan, serta mendorong praktek energi terbarukan di komunitas atau masyarakat pedesaan.

“Kami juga mengapresiasi perusahaan/korporasi yang telah berkomitmen dalam program CSR-nya dengan membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan, dan berkontribusi secara aktif memberikan solusi atas permasalahan yang berhubungan dengan peningkatan indeks pembangunan manusia, seperti penyediaan air bersih, kesejahteraan lingkungan masyarakat pra-sejahtera, pengembangan sektor koperasi dan UMKM, serta ragam pemberdayaan masyarakat lainnya,” tutur Wapres.

Berbagai program tersebut, sambung Wapres, sangat relevan dengan upaya pemerintah khususnya dalam memberantas kemiskinan.

“Pemerintah saat ini terus berupaya memberantas kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem melalui upaya-upaya perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Wapres berpesan melalui CFCD agar pendekatan yang dilakukan perusahaan- perusahaan dalam CSR untuk mencapai SDGs harus benar-benar holistik dan mengacu pada standar global. Selain itu, hal yang tak kalah penting untuk dipikirkan adalah kebutuhan akan dukungan finansial dan adanya celah pembiayaan SDGs yang cukup besar.

“Diperlukan respon extraordinary dari seluruh pihak agar dapat menghasilkan inovasi kreatif atas instrumen pendanaan, kolaborasi dalam investasi, dan mobilisasi dana tidak hanya dari APBN, namun juga dari sektor swasta secara stand alone, filantropis, dan masyarakat,” pesannya.