Hadiri Merdeka Award 2022, Wapres Tekankan Pentingnya Digital Mindset untuk Majukan Bangsa

0
36
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika menghadiri secara virtual Merdeka Award Tahun 2022, Kamis (30/06/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Jakarta) Sebagai upaya memajukan bangsa, Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi transformasi digital untuk menunjang inovasi. Namun, dalam pelaksanaannya bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan masa transisi untuk penyesuaian, sementara perubahan transformasi berlangsung sangat cepat dan konstan. Untuk itu, digital mindset perlu ditanamkan kepada masyarakat, demi mewujudkan kemajuan tersebut.

“Masyarakat harus memiliki digital mindset untuk mempelajari keahlian baru di bidang teknologi, dan memanfaatkannya demi menciptakan kemajuan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika menghadiri secara virtual Merdeka Award Tahun 2022, Kamis (30/06/2022).

Dalam acara yang diselenggarakan dengan tema Merdeka Award 10 Tahun Mencerahkan ini Wapres mengingatkan, hanya mengandalkan teknologi saja tidak cukup karena teknologi terus maju dan berkembang. Meskipun teknologi paling mutakhir, akan cepat usang dalam waktu singkat.

“Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi untuk menumbuhkan digital mindset dan budaya belajar yang tak kenal lelah,” imbaunya.

Lebih jauh, Wapres mengungkapkan, adanya penelitian yang menunjukkan digital mindset memiliki dampak positif bagi karir seorang individu yang mampu membuka peluang keberhasilan.

“Dengan digital mindset, masyarakat dapat memahami perkembangan teknologi informasi dan membuka jalan keberhasilan, serta kemajuan bagi organisasi maupun bisnis,” ucapnya.

Mewakili pemerintah, Wapres pun memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang telah menghasilkan karya yang membangun dan memiliki manfaat untuk Indonesia di masa mendatang.

“Pemerintah sangat mengapresiasi kerja dan karya seluruh anak bangsa dalam rangka menjawab berbagai tantangan, maupun dalam mempersiapkan masa depan Indonesia yang gemilang,” terang Wapres.

Mengakhiri sambutannya, Wapres berharap Merdeka Award 2022 dapat menjadi ajang yang memberikan inspirasi masyarakat dan mendorong adanya inovasi dari berbagai bidang.

“Saya juga berharap, para pemenang penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mendorong munculnya inovasi yang menghasilkan nilai tambah di segala bidang, agar kita mampu keluar dari krisis, bahkan menjadi negara yang lebih kuat,” harap Wapres.

“Selamat kepada seluruh penerima penghargaan. Semoga semakin banyak inspirator dan inovator yang lahir lewat program ini,” pungkasnya.