Kadivpas Tinjau Kesiapan Layanan Kunjungan di Rutan Kelas IIA Pontianak

0
51

(Vibizmedia – Kalbar) Pontianak – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Ika Yusanti, meninjau langsung kesiapan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pontianak dalam pelayanan kunjungan langsung bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (30/06).

“Ada kemungkinan dalam waktu dekat layanan kunjungan secara langsung untuk WBP akan dibuka kembali, jadi kami lakukan peninjauan terkait kesiapsiagaan Rutan Kelas IIA Pontianak. Kemungkinan pengunjung akan banyak, mengingat sudah 3 tahun tidak ada kunjungan langsung. Pasti mereka akan melepas rindu dengan keluarga,” ujar Ika Yusanti.

Mantan Kepala Divisi Pemasyarakatan Bengkulu ini melanjutkan, pihak Rutan harus segera menyusun tata tertib kunjungan serta pembatasan jumlah pengunjung untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan di ruang kunjungan.

“Lakukan simulasi alur kunjungan serta hitung kembali kapasitas ruang kunjungan yang aman dan sehat serta dapat mengatur jarak terjadinya penularan virus. Kita harus tetap menerapkan protokol Kesehatan dengan ketat dalam kunjungan nanti,” tegas Ika.

Ika mengingatkan petugas untuk menguatkan kembali kewaspadaan petugas, terutama dalam penggeledahan orang dan barang yang akan keluar masuk Rutan. Kesiapsiagaan dan kecermatan petugas sangat diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan apabila kunjungan langsung sudah dilaksanakan.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas IIA Sumaryo mengatakan, pihaknya akan melaksanakan apa yang telak diintruksikan Kepala Divisi Pemasyarakatan dalam persiapan dibukanya layanan kunjungan langsung.

“Pastinya apa yang telah diinstruksikan kepada kami akan segera ditinjaklanjuti. Untuk  kapasitas ruang kunjungan Rutan kelas IIA Pontianak kurang lebih dapat menampung 150 orang. Maka asumsi awal 50 orang WBP dapat ditampung di ruang kunjungan dengan pembatasan 1 orang WBP 2 orang pengunjung,” ucap Sumaryo.

Ika Yusanti juga berkesempatan melakukan kontrol keliling lingkungan Rutan Kelas IIA Pontianak serta meninjau dan memonitor pembangunan pelayanan publik berbasis HAM sesuai pedoman didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Heri Suhasmin dan Kepala Sub Bid Lola Basan Baran dan Keamanan Roldi Agus Cantika. Dokumentasi :

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar