Keunikan Pantai Kolbano NTT

0
140
Pantai Kolbano (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)
Pantai Kolbano (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)

(Vibizmedia – NTT) Pantai Kolbano terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Desa Kolbano, kecamatan Kolbano, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan luas wilayahnya kurang lebih 17 km² dan hamparan wilayah pantai Kolbano ini menghadap ke arah bentangan Samudra Hindia.

Pantai ini menjadi daya tarik yang menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke NTT, bahkan sudah familiar di kalangan wisatawan karena pantai Kolbano sudah banyak diliput oleh acara dari stasiun televisi dan para pengguna sosmed.

Pantai Kolbano (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)
Hamparan Kerikil di Pantai Kolbano (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)

Pantai Kolbano memiliki keunikannya yaitu hamparan pasir berwarna hitam dan putih, bebatuan kerikil berwarna-warni dan adanya landmark berupa sebuah batu raksasa “Fatu Un” yang menjadi ciri khas dari pantai Kolbano ini. Para wisatawan juga dapat menaiki batu raksasa “Fatu Un” untuk melihat dari ketinggian keindahan pantai Kolbano.

Fatu Un (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)
Fatu Un (Foto : Stella Adimin/Kontributor VM)

Jika Anda ingin ke pantai Kolbano dari ibukota Kupang, maka sekitar 135 km perjalanan sehingga membutuhkan waktu 3-4 jam untuk sampai ke pantai yang unik dan indah ini. Pemandangan sepanjang perjalanan menuju Kolbano dihiasi oleh sungai, sawah, ladang, tebing, perbukitan, dan juga beberapa rumah adat khas setempat. Bahkan wisatawan yang mau beristirahat di sepanjang jalan menuju pantai Kolbano tidak perlu kuatir karena tersedia beberapa lopo-lopo atau gazebo.

Pantai Kolbano ini menghadap ke arah bentangan Samudra Hindia sehingga terlihat perpaduan dari birunya air laut dengan bebatuan kerikil yang warna-warni, maka semakin menambah nilai keindahan dari pantai ini. Bagi Anda yang ingin eksplorasi indahnya alam di pulau Timor dan bagi Anda yang hobi dengan batu-batu unik, tidak ada salahnya untuk membuktikan cantiknya kerikil-kerikil warna-warni di Kolbano.