Desa Wisata Sembungan Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sunrise Terbaik di Asia

0
109
Golden Sunrise Sikunir di Kecamatan Sejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. FOTO: KEMENPAREKRAF

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan Desa Wisata Sembungan masuk dalam 50 besar wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Hal tersebut terwujud karena adanya kolaborasi wisata alam, budaya yang sangat fantastis. Wisatawan disuguhkan dengan panorama alam hamparan sawah berundak-undak berlatar bukit hijau dan dibalut dengan sejuknya udara pegunungan, lantaran berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Salah satu objek wisata desa Sembungan yang bisa dinikmati adalah Puncak Sikunir, yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise), bahkan digadang sebagai sunrise terbaik di Asia. Untuk dapat menikmatinya bisa dikunjungi saat musim kemarau, karena cuacanya cenderung lebih cerah dan tidak berkabut.

Pengembangan desa wisata ini menjadi lokomotif dalam menjaga momentum kebangkitan ekonomi pascapandemi. Hal ini dibuktikan dari big data yang diterima Menparekraf bahwa dengan adanya desa wisata, peningkatan ekonomi masyarakat naik hingga 30 persen. Karenanya Kemenparekraf berkomitmen untuk terus menggelorakan desa-desa wisata yang ada di Indonesia.

Berdasarkan big data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, kenaikan ekonomi masyarakat dengan adanya desa wisata ini mencapai 30 persen. Ini menjadikan suatu momentum kebangkitan kita. Di tengah pandemi desa wisata menjadi pilihan.

“Kita berkomitmen, sudah kita masukkan menjadi program unggulan kita, demokratisasi dari pariwisata ini adalah memberikan dampak pariwisata yang berkeadilan, karena kalau desa wisata ini yang merasakan seluruh masyarakat langsung,” ungkap Sandiaga dalam keterangannya, pada Minggu, 3 Juli 2022.