Kanwil Kemenkumham Kalteng Hadiri Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022

0
61

(Vibizmedia – Kalteng) Palangka Raya – Kepaa Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalteng (Nur Azizah Rahmanawati) mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Semester I Tahun 2022, untuk persiapan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh omisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya. Kamis (07/07/2022)

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kalteng (Harmain Ibrohim) melalui Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kalteng (Wawan Wiraatmaja) menyampaikan, KPU Provinsi Kalteng melalui KPU Kabupaten/Kota selalu dan terus menerus melakukan perbaikan serta pemutakhiran daftar pemilih.

“Dalam melakukan perbaikan data pemilihan kita menerima masukan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan data sensus. Sehingga tujuan yang ingin dicapai, ketika tahapan pemutakhiran data pemilih yang akan dimulai pada tanggal 14 Oktober 2022 untuk Pemilu 2024. Maka dengan begitu prosesnya akan menjadi lebih mudah,” jelasnya.

KPU tidak akan memulai dari awal lagi, akan tetapi memastikan dalam proses yang berkelanjutan sekarang ini bisa lebih baik. Sehingga nanti kalau penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu akan lebih akurat. Ujarnya.

Wawan Wiraatmaja menjelaskan, di Kalteng menurut data Kementerian Dalam Negeri kepadanan 98 persen lebih dan itu lebih tinggi dari data Nasional yang hanya 96 persen serta masuk urutan ke-9 besar di Indonesia.

Sumber : (Red-dok, Humas Kalteng – IMS, Juli 2022)