Gagalkan Percobaan Pelarian, Kakanwil Jateng Apresiasi Kinerja Rutan Surakarta

0
72

(Vibizmedia – Jateng) SURAKARTA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A. Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mengunjungi Rumah Tahanan Kelas 1 Surakarta, Jumat (8/7).

Kedatangan Kakanwil beserta Pimti disambut langsung oleh Karutan Kelas 1 Surakarta, Urip Dharma Yoga. Dalam kunjungannya, Kakanwil beserta Pimti meninjau langsung kondisi Rutan Kelas 1 Surakarta seperti ruangan portir, aula dan masjid Rutan Kelas 1 Surakarta.

Setelah melakukan peninjauan lingkungan, Kakanwil mengumpulkan seluruh petugas dan memberikan pengarahan di Aula Gedung Utama Rutan Kelas 1 Surakarta.

Dalam arahannya, Kakanwil mengapresiasi kinerja petugas Rutan Kelas 1 Surakarta dalam upaya penggagalan percobaan pelarian salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terjadi beberapa hari yang lalu. Beliau juga menegaskan agar seluruh petugas harus memiliki komitmen yang sama dalam menjaga keamanan di Rutan.

“Kita harus mempunyai komitmen bersama menjaga keamanan, karena sesuai amanat UU Pemasyarakatan selain pembinaan kita memiliki tugas dan fungsi pengamanan” Tegas pria yang pernah menduduki jabatan Direktur Keamanan dan Ketertiban Dirjen Pemasyarakatan.

Selain mengingatkan petugas Rutan selalu peduli mengenai keamanan, Kakanwil juga memberi nasehat kepada jajaran Rutan Kelas 1 Surakarta menyusul mulai diberlakukannya kunjungan tatap muka untuk bisa memberikan pelayanan yang baik dan menjadi kebaikan bagi orang yang dilayani.

“Al Insan Abdul Ihsan, manusia harus mengabdi kepada kebaikan. Kita wajib memberikan kebaikan kepada siapapun, lebih khusus berupa pelayanan prima bagi masyarakat” Tandas Kakanwil menutup arahannya.

Sebelumnya, Kepala Rutan Kelas 1 Surakarta, Urip Dharma Yoga, menyampaikan secara rinci laporan kepada Kakanwil. Bahwa per hari ini, Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Kelas 1 Surakarta sebanyak 620 orang. Sementara kapasitas ruang hunian hanya untuk 293 orang. Dan Jumlah petugas sebanyak 127 orang.

Sumber : Humas Kanwil kemenkumham Jateng