Pemakaian Sunscreen Dalam Keseharian , Apa Penting?

0
86

(Vibizmedia – Gaya Hidup) “Jangan lupa ya pake sunscreen”. Hal itu tentu saja bukan hanya himbauan, lho. Karena, asal Anda tahu, bahwa sunscreen sangat penting bagi kulit Anda, terutama yang suka beraktivitas di luar rumah.

Sunscreen sendiri pun macam-macam jenisnya, ada yang dengan SPF 30, SPF 50, dan juga berbagai merk bisa ditemukan di marketplace. Tapi, beneran ga sih kalau dirumah tetap harus pakai sunscreen? Atau, palingan itu jualan skincare aja kali ya? Yuk, temukan jawabannya.

Pentingnya Memakai Sunscreen

Sunscreen, tentu saja, sangatlah penting untuk mencegah kerusakan kulit.

Banyak hal yang bisa membuat kulit menjadi rusak atau mengalami penurunan, mulai karena masalah usia, masalah sakit kulit, dan bisa juga karena terkena sinar matahari (sinar UV).

Sinar matahari di pagi hari, sebenarnya baik bagi kesehatan, karena bisa membantu tubuh kita, agar memproduksi vitamin D dengan cara yang alami.

Anda di sisi lain, harus tahu, sinar matahari atau sinar UV bisa juga menyebabkan kerusakan kulit, dimana salah satu resikonya adalah kanker kulit.

Karena itu, memang pemakaian sunscreen begitu penting, untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Sinar matahari (sinar UV) terdiri dari UVA, UVB, dan UVC. UVC tentu saja sudah habis di atmosfer. UVA dan UVB, tentu saja punya dampak bagi kulit. Dan meskipun UVA dan UVB sama-sama bisa menimbulkan dampak negatif, tapi sinar UVA, bisa dikatakan lebih bahaya, karena menembus lapisan terdalam kulit. Dan sinar UVB, adalah sinar matahari yang gelombangnya lebih pendek dari UVA, tapi bisa menyebabkan dampak negatif juga bagi kulit, yaitu kulit terbakar (sunburn).

Tips Memilih Sunscreen

Sunscreen memang sangat penting. Tapi pemilihannya, tentu tak boleh asal-asalan lho. Menurut Dr. Vera Herlina Gunadi, ada beberapa hal penting untuk pemilihan sunscreen :

1. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda

Memilih sunscreen, tentu saja harus yang sesuai dengan jenis kulit. Gak bisa kita pilih dengan merk tertentu karena terpengaruh influencer, atau karena terkenalnya brand tersebut.

Pemilihan sunscreen, tentu saja harus sesuai dengan jenis kulit Anda. Sunscreen untuk kulit normal dan sensitif tentu berbeda. Jadi, pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kulit, mengenai kondisi kulit Anda, serta skincare apa yang cocok bagi Anda.

2. Pilih sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan lama aktivitas outdoor Anda

Sunscreen yang dijual, tentu saja tipenya berdasarkan SPF yang berbeda. Tentu saja, sunscreen yang aka. anda beli, harus disesuaikan dengan lamanya Anda beraktivitas di luar rumah. Kalau Anda beraktivitas selama 5 jam, dan hanya menggunakan sunscreen dengan SPF 15, ya percuma saja, itu bisa gak tahan lama. Jadi, sesuaikan SPF sunscreen Anda, dengan lamanya Anda beraktivitas di luar rumah (outdoor).

3. Perhatikan lamanya terpapar sinar matahari

Selain lama beraktivitas di luar rumah, tentu saja lamanya terkena paparan sinar matahari, menjadi pertimbangan jenis SPF berapa dari sunscreen yang akan Anda beli.

Kalau Anda lari pagi atau jogging di pagi hari, mungkin Anda berpikir, ah ini sih masih adem, belum panas kok. Tapi Anda harus tahu, meskipun udara masih adem, paparan matahari juga sudah ada. Jadi, jangan lupa menghitung kira-kira lamanya Anda terkena paparan sinar matahari di luar rumah, sebelum memutuskan jenis sunscreen yang akan Anda beli.