Telkomsel Telah Menonaktifkan 3G Di Jakarta

0
85
Foto Unsplash
Foto Unsplash

(Vibizmedia – Jakarta) Telkomsel sedang gencar dalam pemerataan layanan 4G. Proses menonaktifkan layanan 3G dilakukan secara bertahap.

Tempat yang menjadi pertama upgrade dari 3G ke 4G Telkomsel adalah Jakarta Timur.

Sejak tanggal 6 Juli 2022, pelanggan atau pengguna Telkomsel tidak dapat mengakses jaringan seluler generasi ketiga dikarenakan Telkomsel telah menonaktifkan jaringan 3G. Hanya jaringan 4G yang tersedia di Jakarta.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan dapat membangun 9.113 BTS 4G hingga 2022 sehingga jaringan internet 4G dapat dihadirkan di 12.548 desa/kelurahan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

Oleh karena itu Telkomselpun mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas 4G yang merata di seluruh Jakarta.

Bagi para pelanggan atau pengguna Telkomsel yang ingin berpindah dari 3G ke 4G tidak perlu kuatir karena Telkomsel juga memberikan kemudahan.

Berikut ini cara pindah dari jaringan 3G ke 4G Telkomsel :

  1. Mengganti kartu SIM 3G ke 4G atau uSIM
  2. Pastikan smartphone yang digunakan mendukung jaringan 4G
  3. Apabila pengguna Telkomsel merasa kesulitan dengan kedua langkah tersebut, maka bisa langsung mendatangi GraPARI terdekat. Jangan lupa untuk membawa KTP dan prosesnya tanpa dikenakan biaya apapun (gratis).

Telkomsel juga memiliki MyGraPARI yang merupakan sebuah mesin pintar yang dapat dimanfaatkan untuk mengubah SIM card Telkomsel dari 3G menjadi 4G dengan membawa KTP serta verifikasi sidik jari.

Apabila ingin menukarnya dari jarak jauh (online) bisa dijadikan pilihan juga karena Telkomsel telah menyediakan layanan tersebut.

Berikut ini cara ganti kartu Telkomsel dari jaringan 3G ke 4G secara online :

  1. Cek terlebih dahulu jaringan 4G di wilayah kalian yang bisa dilakukan melalui ponsel melalui *888*47#
  2. Masuklah ke situs dari https://my.telkomsel.com/sim-replacement
  3. Masukkan nomor Telkomsel kalian
  4. Isi alamat E-mail yang aktif
  5. Kemudian pihak Telkomsel akan meminta anda untuk mengambil foto selfie
  6. Ikutilah langkah selanjutnya sesuai arahan hingga proses selesai

Para pengguna Telkomsel juga dapat upgrade kartu 3G ke 4G melalui marketplace e-Commerce : Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, dan Bukalapak.