Peningkatan Jumlah Wisatawan Dorong Pemulihan Ekonomi Bali Pasca Pandemi

0
67
Danau Batur memiliki kekhasan pemandangan danau dengan air yang berwarna hijau kebiru-biruan. (Foto: Donna Situmorang/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Economy & Business) Peningkatan jumlah wisatawan yang mulai terjadi di Bali menjadi pendorong pemulihan perekonomian Bali pasca pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI di Ruang Rapat Wisma Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, beberapa waktu lalu.

Gubernur Bali mengungkapkan, per tanggal 10/07/2022 jumlah wisatawan mencapai kurang lebih 28 ribu setiap harinya, yang terdiri dari 20 ribu wisatawan domestik dan 8 ribu wisatawan mancanegara.

Jumlah wisatawan mancanegara ini baru kira-kira 30 persen dari situasi normal. Sebelum COVID-19, jumlah wisatawan mancanegara sehari itu bisa 30 ribu, sekarang baru 8 ribu.

Adanya pandemi juga memicu Bali untuk bertansformasi sehingga tidak hanya bertumpu pada sektor pariwisata saja. Di tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Bali terkontraksi sebesar 9,31 persen karena terpuruknya sektor pariwisata yang menjadi andalan di provinsi tersebut.

“Sejalan dengan kondisi yang kami alami sekarang karena pariwisata ini sangat rentan terhadap faktor eksternal maka kami sudah melakukan perubahan kebijakan, melakukan transformasi ekonomi dengan konsep ekonomi Kerthi Bali untuk menyeimbangkan struktur dan fundamental perekonomian Bali agar tidak lagi bergantung pada satu dominasi sektor pariwisata tetapi menjadi lebih berimbang dengan potensi sumber daya alam di Bali,” tuturnya.

Adapun enam sektor yang terdapat dalam rumusan ekonomi Kerthi di Bali yaitu sektor pertanian dalam arti luas dengan sistem pertanian organik; sektor kelautan dan perikanan; sektor industri manufaktur dan industri berbasis budaya branding Bali; sektor industry kecil menengah (IKM), usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan koperasi; sektor ekonomi kreatif dan digital; dan sektor pariwisata.

Wayan menyampaikan, enam sektor unggulan perekonomian Bali ini telah dijadikan dokumen resmi oleh Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) menjadi percontohan transformasi ekonomi nasional yang telah diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tanggal 3 Desember 2021. Wayan juga  optimis adanya Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dapat mendorong perekonomian daerah.

“Supaya regulasi-regulasi yang berkaitan dengan penguatan sumber daya lokal, penguatan kearifan lokal itu dapat diperkuat untuk memajukan Indonesia melalui pembangunan di berbagai daerah yang saya kira itu akan meningkatkan ekonomi dan juga kesejahteraan dan daya masing-masing masyarakat yang ada di daerah.” pungkas Wayan.

Emy T/Journalist/Vibizmedia

Editor: Emy Trimahanani