Suka Boros Karena Terpikat Barang Diskon di Online? Ini Tips Mengatasinya!

0
203
Sumber : Creative Commons / Ed Yourdon

Belanja barang promo atau diskon? Semua pasti suka! Baik pria maupun wanita, gak ada yang gak suka sama yang namanya promo. Kalau liat promo atau diskon, tangan rasanya kayak otomatis mencet. Tanpa penyelidikan terhadap barang yang spesifik, kayaknya promo diskon online memang sangat menarik bagi para pembelinya.

Penyebab Orang Tertarik Belanja Barang Diskon di Online

Kalau sudah lihat ada barang dengan harga diskon di aplikasi belanja online, bagaikan magnet, tangan pun bisa langsung tertarik untuk memencet tombol yang ujungnya ke pembelian.

Sebenarnya, apa sih yang membuat orang begitu tertarik sama yang namanya promo? Beberapa fakta menarik ini bisa Anda simak :

1. Sensasi “rebutan” yang menarik

Nah, bila angka yang tertera di apps jualan online Anda terlihat sangat murah dan menggiurkan, kadang hal itulah yang sangat memancing untuk melakukan pembelian tanpa pikir panjang. Memang, unsur senangnya “cepat-cepatan” dalam berebut produk diskon barang online, apalagi dengan harga yang sangat murah, kerap kali menjadi daya tarik konsumen untuk berbelanja.

2. Ada kebanggaan saat melakukan pembelian

Ini mungkin gak disadari saat membeli. Tapi inilah kenyataannya. Coba deh, misalnya berhasil beli produk harga diskon di online, bisa aja lho ada kalimat keluar “tau gak, aku beli ini berapa? Cuma 10.000”, misalnya demikian. Ada kebanggaan dan kesenangan tersendiri memang, kalau membeli barang promo. Tapi hati-hati, jika tak bijak, nanti akan terjadi dampak negatif juga akhirnya.

3. Tertarik pada harga murah, tanpa pikirkan kepentingannya saat ini.

Nah, hal ini, sering banget terjadi. Terpikat barang diskon, gak pikir panjang, langsung beli. Kalau ditanya gunanya apa, bilangnya “lihat aja nanti, nanti keburu diskonnya lewat nanti nyesel”. Padahal giliran barang itu sampai rumah, bisa jadi bingung juga buat apa barang itu saat ini.

Nah, pernah gak Anda berpikir, setelah belanja barang diskon itu, penyesalan malah jadi datang. Penyesalan bisa karena beberapa sebab, antara lain : barang tersebut ternyata tak berguna untuk kepentingan saat ini, menumpuk barang di rumah yang akhirnya belum digunakan keburu expired, dan yang paling terasa adalah, kantong yang menipis untuk hal yang ternyata tak berguna. Nah, lho!

Tips Praktis Mencegah Pemborosan Belanja Barang Diskon di Aplikasi Online

Tapi, ada beberapa tips praktis yang mungkin bisa dicoba, agar mencegah tangan Anda untuk berbelanja barang promo. Apa sajakah? Ini dia :

1. Matikan notifikasi aplikasi shopping online di gadget Anda

Hal sederhana ini, tentu membantu Anda agar tak penasaran dengan promo terbaru atau barang diskonan terbaru. Anda akan membuka aplikasi belanja online, ketika Anda memang ingin belanja saja, bukan karena terseret “notifikasi” promo atau pengumuman diskon.

2. Buatlah pos perencanaan keuangan yang lebih baik, sebelum membelanjakan sesuatu.

Ini sangat penting, agar Anda lebih disiplin dalam membelanjakan uang Anda. Tetapkan budget yang harus dikeluarkan, baik yang rutin maupun tambahannya, dan jangan pernah bergeser dari budget yang sudah ditetapkan. Jadi pengeluaran Anda tidak akan keluar sia-sia karena kebanyakan berbelanja barang diskon di aplikasi belanja online.

3. Budayakan membaca atau menyelidiki beberapa kali sebelum membelanjakan sesuatu.

Sebelum belanja, biasakan menganalisa semua barang yang akan dibeli, termasuk barang diskon. Seberapa pentingkah barang ini, kalau saya beli sekarang, sebenarnya bagaimana dampaknya bagi keuangan saya, dan berbagai faktor lainnya yang harus Anda analisa. Jadi, budayakan membaca deskripsi barang, dan menganalisa kegunaannya, sebelum membeli, agar tidak terjebak dalam penumpukan barang yang tak berguna nantinya.