Kesan Orang Tua Perwira Dibalik Penghargaan Adhi Makayasa Tahun 2022

0
50
Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para peraih Adhi Makayasa dan orang tua mereka di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Penghargaan Adhi Makayasa Tahun 2022 memberikan kesan dan pesan yang mendalam khususnya bagi orang tua perwira yang dinobatkan sebagai lulusan terbaik dalam upacara Prasetya Perwira TNI/Polri Tahun 2022 di halaman Istana Merdeka, pada Kamis, 14 Juli 2022.
Rasa syukur tak henti-hentinya diucapkan oleh Sri Khusniyati, seorang guru dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang berhasil mengantarkan putranya Jeremia Zophie Pramudya sebagai seorang perwira TNI Angkatan Udara. Tidak hanya dilantik sebagai perwira, Jeremia juga berhasil menerima penghargaan Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Udara.

“Masyaallah, alhamdulillah ya Allah. Anak saya mendapat penghargaan ini atas rida Allah, atas doa semua keluarga, atas doa semua pendidik-pendidik semua, terima kasih kepada semuanya,” ujar Sri Khusniyati saat ditemui usai upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022.

Sri Khusniyati menjelaskan bahwa ia dan keluarganya merupakan masyarakat biasa yang tidak mengetahui dan tidak pernah berhubungan dengan dunia militer. Sri sehari-hari bekerja sebagai tenaga pendidik di sebuah sekolah dasar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedangkan suaminya Esron Purba merupakan seorang pedagang pakan ternak di Cilodong, Depok. Sri pun mengaku terkejut ketika tekad dan keinginan Jeremia menjadi seorang perwira dapat tercapai dengan baik.

“Mohon maaf apa Adhi Makayasa saya tidak tahu awalnya. Anak saya setiap kali ujian, setiap kali samapta ‘Gimana nak, lulus? Lulus, gimana nilai? Yang penting lulus,’ tidak pernah memberi tahu bagaimana hasilnya. Tapi waktu kemarin saya sempat kaget karena saat saya mau masuk, dari dosen, dari staf-staf semua mengucapkan selamat kalau anak kami mendapat beberapa penghargaan. Itu di luar jangkauan nalar kami,” ungkapnya.

Melalui penghargaan tersebut, Sri berharap Jeremia dapat menjadi perwira TNI yang dapat memberikan manfaat bagi negara, bangsa, dan masyarakat Indonesia.

“Kami orang tua, karena ini semua rida Allah, sesuatu yang luar biasa untuk kami, kami mengharapkan anak kami bisa bermanfaat untuk negara, bangsa, dan juga masyarakat Indonesia juga dapat berbuat baik yang lebih banyak lagi,” ucap Sri.

Senada, Donna Mutis yang merupakan orang tua dari Elang Tri Esthi Fitrananda juga menyampaikan harapannya agar Elang dan para perwira lainnya dapat menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik. Elang merupakan penerima penghargaan Adhi Makayasa yang merupakan lulusan terbaik dari Akademi Angkatan Laut.

“Harapan kami sebagai orang tua dan itu menjadi pesan kami bahwa jalankan tugas sebagai seorang anggota TNI dengan sebaik-baiknya, kalau menjalankan tugas dengan baik, pasti hasilnya terbaik,” ujar Donna Mutis.