Kemenkumham Sumbar Laksanakan Koordinasi Penyusunan SPIP dan IKU

0
63

(Vibizmedia – Sumbar) Jakarta – Sebagai salah satu langkah mewujudkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (SAKIP) yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, ketepatan dalam penyusunan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi kinerja, serta untuk mewujudkan tatakelola Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang baik, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melaksanakan Koordinasi terkait penyusunan Manual Indikator Kinerja Utama  dan penyusunan SPIP pada 12-14 Juli 2022 bertempat di Sekretariat Jenderal dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Bagian Program dan Humas, Desmaniar, beserta tim melaksanakan koordinasi kebagian Reformasi Birokrasi untuk melakukan konsultasi terkait Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kemudian dilanjutkan melaksanakan koordinasi ke bagian Program dan Pelaporan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk berkonsultasi mengenai penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU). Kedatangan tim Kanwil Sumbar di sambut baik oleh Subkoordinator Penilaian RB di Sekretariat Jenderal, dan Subkoordinator Evaluasi dan Pelaporan di Ditjen Pemasyarakatan.

Dalam kesempatan ini Desmaniar selaku ketua tim menyampaikan maksud kedatangannya. “Koordinasi ini dilaksanakan untuk menambah wawasan dan ilmu pengertahuan kami di bagian Program dan Humas khususnya dalam penyusunan SPIP dan IKU yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan” ungkap Kabag Program dan Humas.

“Kami menyambut baik kedatangan Kanwil Sumbar dalam rangka koordinasi mengenai penyusunan IKU ini karena Kanwil Sumbar yang pertama melaksanakan koordinasi yang membahas mengenai penyusunan IKU, kami sangat mengapresiasi hal tersebut” ujar Subkoordinator Evaluasi dan Pelaporan Ditjen Pemasyarakatan.

Kemudian kegiatan koordinasi di lanjutkan dengan penjabaran mengenai langkah-langkah penyusunan IKU oleh Subkoordinator Evaluasi dan Pelaporan Ditjen Pemasyarakatan. Diharapkan dengan diadakannya koordinasi ini dapat menghasilkan penyusunan indeks IKU yang benar sesuai dengan format yang sudah ditentukan.

Sumbre : (Humas Kemenkumham Sumbar)