Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Peluncuran Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Perda

0
48

(Vibizmedia – Kalteng) Palangka Raya – Bertempat di Meeting Room Law and Human Right, Bidang Hukum Subbid Fasilitas Pembentukan Produk Hukum Daerah Perancang Peraturan Perundang-undangan pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mengikuti Kegiatan Zoom dalam Rangka Peluncuran (Launching) Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah. Peluncuran buku ini adalah sebagai salah satu bentuk Output kerja sama antara Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Japan Internasional Agency (JICA). Kamis (21/07/2022).

Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah merupakan buku kedua setelah pada tahun 2019 diterbitkan Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Perundang-undangan di Tingkat Pusat. Buku tersebut terinspirasi dari Workbook of Legislative Duties yang dimiliki oleh Pemerintah Jepang.  Buku tersebut menjadi pegangan bagi pegawai pemerintah dan para pihak yang bertugas di bidang penyusunan peraturan perundang-undangan untuk memberikan gambaran secara lengkap terkait pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pembentukan peraturan perundang-undangan disertai dengan jawaban dari sisi teoritis dan praktis yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah pembentukan peraturan perundang-undangan.

Dalam sambutannya, Prof. Widodo Ekatjahjana mengungkapkan “Buku Tanya Jawab Seputar Pembentukan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah diharapkan akan memberikan pemahaman kepada para penyusun peraturan perundang-undangan di daerah terhadap pertanyaan yang muncul saat mereka menyusun peraturan perundang-undangan, sehingga dapat membantu dalam memaknai substansi dalam peraturan perundang-undangan yang sudah ada”.

Sumber : (Red-Dok, Humas Kumham Kalteng, Juli 2022)