Inilah Makanan Khas Vietnam, Yummy dan Nggak Takut Gemuk

0
113
Makanan Vietnam
Bánh Cuốn Vietnam (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Makanan khas Vietnam yang banyak kita kenal di Indonesia antara lain adalah Pho dan Banh Mi, yang rasanya yummy. Dalam kesempatan berkunjung ke kota Ho Chi Minh, penulis menyempatkan berburu makanan Vietnam, yang kata orang nggak bikin gemuk.

Phở atau mi sapi Vietnam.

Mi untuk phở disebut bánh phở, dibuat dari tepung beras. Makanan disajikan dalam mangkok, ditambah daging sapi iris tipis lalu ditaburkan irisan daun bawang, daun ketumbar, atau bawang bombay sebagai penyedap. Terakhir dituang kuah panas dari kaldu sapi, tambahkan sayur dan jika suka bisa ditambahkan cakwe.

Makanan Pho Khas Vietnam (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

Cơm Tấm, nasi campur ala Vietnam

Kalau di Indonesia kita menyebutnya nasi campur. Di Vietnam, biasanya makanan ini disajikan lengkap dengan ayam panggang fillet, telor dadar dan sayuran lobak dan wortel.

Cơm tấm, sajian seperti nasi campur (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

Bánh mì atau roti baguette khas Vietnam

Roti ini terbuat dari tepung gandum dan beras. Di dalamnya diisi daging, sayuran dan juga saos khas Vietnam. Sama seperti phở yang sangat mudah ditemui dimana-mana, Bánh mì juga sangat mudah ditemui dengan berbagai variasi harga.

Banh Mi Vietnam (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

Bánh Cuốn, jajanan Vietnam sejenis lumpia

Jajanan atau makanan ringan Banh Cuon ini jangan dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Vietnam. Makanan yang berbentuk seperti lumpia atau crepes ini biasanya menjadi menu sarapan bagi orang-orang Vietnam.

Bánh Cuốn Vietnam (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

Bánh Xèo, pancake goreng Vietnam

Makanan ini terbuat dari tepung beras, air, dan bubuk kunyit. Umumnya diisi daging babi, udang, daun bawang hijau , kacang hijau, dan tauge. Bánh xèo juga disajikan dengan selada, mint, basil Thailand, cabai dan disiram dengan kuah ikan. Rasanya gurih dan segar.

Bánh xèo, pancake goreng Vietnam yang terbuat dari tepung beras (Foto: Herry Santoso/ Kontributor Vibizmedia)

Yuk, silakan mencoba!

Herry Santoso/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Herry Santoso