Disepakati Bantuan Pembangunan Kapal Ro-ro Indonesia dari Bank Dunia

0
61
kapal ro-ro
Ilustrasi kapal ro-ro (Foto: Athaya Minardi/ Wikipedia)

(Vibizmedia) Seperti dilansir InfoPublik, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pada Kamis (21/7/2022) menyatakan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik inisiatif bantuan kapal ro-ro dari Bank Dunia (World Bank) dalam mendukung peningkatan konektivitas di daerah kepulauan di Indonesia.

Menhub mengatakan bahwa daerah kepulauan seperti NTT dan Maluku membutuhkan pergerakan lalu lintas kapal yang lebih intens dan sampai end to end menjangkau masyarakat.

Saat ini Kemenhub tengah mengkaji rute dari kapal ro-ro bantuan dari Bank Dunia. Ia melanjutkan bahwa rute sedang dikaji dengan hub di Kupang dan Maumere. Kapal ini nantinya akan berkeliling dari NTT sampai ke Maluku, sehingga jarak perjalanan kapal tidak jauh. Maka daerah itu semakin sering disinggahi kapal yang membawa penumpang maupun logistik.

Menhub menyebut kapal ro-ro akan menjadi pelengkap dan pendukung dari program tol laut dan kapal-kapal perintis yang selama ini telah beroperasi.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan bahwa World Bank sudah setuju untuk memberikan bantuan, dan akan segera difinalisasi. Dengan demikian pada   tahun depan atau paling lambat 2024 sudah  bisa berjalan.

Apa itu Kapal Ro-ro?

Adapun kapal ro-ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off atau disingkat Ro-Ro.

Kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveable bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal ro-ro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. Angkutan ini merupakan pilihan populer  antara Jawa dengan Sumatra di Merak-Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali.