Investasi Wajah Dengan Skincare, Perhatikan Dulu Hal Ini!

0
103
skincare
Investasi Wajah Dengan Skincare, Perhatikan Dulu Hal Ini! (Foto: Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Saat ini, skincare dengan berbagai tipe dan merk memang booming dan dijual dimana-mana. Ada yang untuk memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan flek hitam, ada yang untuk memperkecil pori-pori, dan lainnya. Memang, saat ini banyak orang investasi kulit wajah dengan menggunakan skincare.

Melihat iklan di sana sini yang menjual skincare dengan segala promosinya, serasa bingung juga, yang mana nih yang bagus sebenarnya?

Nah, penting untuk Anda ketahui, untuk jangan pernah Anda beli skincare karena pengaruh iklan atau influencer.

Jika Anda ingin membeli skincare untuk investasi wajah Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal penting ini :

1. Pelajari dulu jenis kulit Anda
Mempelajari jenis kulit, penting untuk menentukan skincare apa yang akan Anda pakai. Anda harus tahu, apakah kulit Anda itu kering, berminyak, kombinasi, atau yang sensitif. Misalnya, jika Anda memiliki kulit berminyak, jangan pakai pelembab yang bisa menyebabkan kulit Anda semakin terlihat berminyak.

Nah, dan bila Anda memiliki jenis kulit sensitif, Anda harus tahu, terhadap kandungan skincare apa kulit Anda memang sensitif. Contoh, ada orang yang kulitnya sensitif terhadap AHA, serum vitamin A dan C, dan beberapa kandungan lainnya. Jika Anda salah satu dari kategori tersebut, maka Anda harus lebih selektif dalam memilih skincare Anda.

Atau, jika Anda menggunakan skincare dan dampaknya pada kulit tak bagus, seperti jerawat malah semakin banyak, atau kulit malah menjadi gatal atau mengering, berarti skincare tersebut tak cocok di kulit Anda.

Dan tentu saja, untuk mengetahui jenis kulit Anda dengan lebih pas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit.

2. Berapa usia Anda, dan skincare apa yang sebenarnya cocok bagi Anda.
Usia tentu saja mempengaruhi jenis skincare yang akan kita gunakan. Jika usia semakin bertambah, dan memberikan dampak bagi kulit sekitar wajah, berarti itulah saatnya Anda mencari produk anti aging.

Contoh yang paling nyata adalah, jika usia bertambah, maka sangat nyata terlihat di bagian mata. Lipatan mata yang sangat nampak, atau posisi mata yang turun, hal itu memang sudah menunjukkan bahwa daerah sekitar mata Anda butuh perawatan. Nah, hal yang perlu Anda lakukan adalah, pilihlah produk skincare khusus perawatan mata, yang tentunya sekali lagi, cocok dengan tipe kulit Anda.

Selain itu, perawatan menggunakan retinol atau bakuchiol, juga penting bagi Anda yang usianya sudah tak muda lagi. Salah satu fungsinya, tentu saja untuk mencegah flek hitam yang suka bertambah seiring pertambahan usia.

Namun sekali lagi, untuk kebutuhan kulit Anda yang lebih detil dan pemakaian yang lebih aman, konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit.

3. Perhatikan urutan penggunaan skincare, untuk kesehatan kulit Anda.

Untuk pemakaian skincare, tentu saja harus dengan urutan yang benar. Biasanya, skincare dengan unsur cair (cleanser, toner, serum) dan krim mata ada di urutan awal, dilanjutkan dengan skincare dengan unsur kental (krim pagi, krim malam, moisturizer, sunscreen). Dan biasanya, akan ditutup dengan face oil.

Perlu diperhatikan, bahwa penggunaan skincare jangan asal-asalan, dan jangan pernah membeli skincare karena terpengaruh iklan. Ingat, kulit wajah adalah investasi. Jadi, gunakanlah skincare yang benar-benar cocok dan bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sehat. Dan jika Anda ragu, maka tak ada salahnya, jika Anda konsultasi dengan dokter spesialis kulit.