Tim Mahasiswa ITS Raih Juara di Kompetisi Internasional RoboCup 2022

0
93
kompetisi internasional RoboCup
Dua tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang terdiri atas ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS) berhasil meraih dua kategori juara dalam kompetisi International RoboCup (IRC) 2022 di Bangkok, Thailand yang berlangsung pada tanggal 13—16 Juli 2022 (Foto: Kemdikbudristek)

(Vibizmedia – Nasional) Dua tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang terdiri atas ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS) berhasil meraih dua kategori juara dalam kompetisi International RoboCup (IRC) 2022 di Bangkok, Thailand yang berlangsung pada tanggal 13—16 Juli 2022.

RoboCup merupakan kompetisi hasil inisiatif ilmiah internasional yang bertujuan untuk memajukan seni Robot, kecerdasan buatan, dan otomasi yang cerdas. Tahun ini, kompetisi RoboCup diikuti oleh 400 tim dengan 3.000 peserta dari 45 negara. Setiap tahunnya, tuan rumah penyelenggara RoboCup dilakukan secara bergantian. Kali ini adalah giliran benua Asia yakni Thailand yang menjadi tuan rumah kompetisi tersebut.

Dua Tim ITS yang didampingi oleh Muhtadin selaku Pembina Tim Robotika ITS ini memperoleh posisi ketiga dari 12 tim yang berasal dari 12 negara. Para tim bertanding dalam kategori Humanoid Soccer Kid Size dan Middle Size League.

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), saya menyampaikan apresiasi kepada ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS) yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia,” urai Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kepala Puspresnas), Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi di Jakarta, (20/7).

Asep  berharap predikat juara yang telah diraih dapat memicu tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan teknologi.

Ia menekankan bahwa kompetisi  ini sangat baik untuk para mahasiswa mengembangkan diri sekaligus dapat memotivasi para peraih juara untuk terus meningkatkan keterampilan dan pemahaman di bidang teknologi dan robotika.

ITS Champion in Robocup (Ichiro)

Tim Ichiro membuat empat Robot Humanoid dengan dua ukuran yang berbeda. Robot tersebut memiliki total 20 sendi dan mengimplementasikan sensor manusia berupa lima panca indra. Algoritma berbasis kecerdasan buatan (AI) dengan menggunakan deep learning juga diterapkan.

ITS Robot with Intelligent System (IRIS)

Selanjutnya, tim IRIS ITS menciptakan robot beroda yang diujicobakan dalam simulasi pertandingan sepak bola lengkap dengan bola sepak ukuran reguler yang disesuaikan dengan ketentuan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Tim ini dibebaskan merancang perangkat keras sendiri, namun dengan catatan seluruh sensor harus terpasang dengan ukuran dan berat maksimum yang ditentukan.

Ditemui saat menyambut kedatangan rombongan di Jakarta, Selasa (19/7), Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puspresnas, Kemendikbudristek, Muslih menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih.

“Puspresnas terus menjaga komitmen dalam memfasilitasi Sobat Prestasi berkompetisi, kita bangga putra putri terbaik ini telah mengikuti kompetisi International Robocup 2022 melalui persiapan yang sudah dimulai sejak bulan September 2021. Para peserta diasah penguasaan teknologi dan kreativitasnya di bidang robotika yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.