Ikut Bersaing di Good Design Award Jepang, Pintu Gerbang Menuju Pasar Global

0
47
produk unggulan indonesia
Sejumlah 19 produk unggulan Indonesia yang meraih predikat ‘Best Design’ dan ‘Good Design' akan dikirim untuk berkompetisi dalam penjurian tahap kedua ajang Good Design Award (GDA) ke-66 di di Aichi, Nagoya, Jepang pada 2–4 Agustus 2022, yang diikuti sekitar 5.000 produk dari seluruh dunia dan melibatkan 60 juri. (Foto: Wikipedia)

(Vibizmedia – Nasional) Dalam kompetisi Good Design Indonesia (GDI) 2022 telah terpilih sejumlah  19 produk unggulan Indonesia yang meraih predikat ‘Best Design’ dan ‘Good Design’.   Ke 19 produk ini akan dikirim untuk berkompetisi dalam penjurian tahap kedua ajang Good Design Award (GDA) ke-66 di di Aichi, Nagoya, Jepang pada 2–4 Agustus 2022, yang diikuti sekitar 5.000 produk dari seluruh dunia dan melibatkan 60 juri.

Kementerian Perdagangan optimis bahwa produk-produk GDI 2022 akan menjadi pesaing yang kompetitif untuk menguasai pasar global.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyatakan bahwa pengiriman produk-produk unggulan Indonesia untuk mengikuti penjurian Good Design Award di Jepang merupakan upaya pemerintah dalam mendukung promosi dan perluasan akses pasar produk Indonesia ke mancanegara.  Ia melanjutkan bahwa Kementerian Perdagangan optimis bahwa produk-produk GDI 2022 akan menjadi pesaing yang kompetitif dengan produk sejenis dari negara lain dan menguasai pasar global.

Sejumlah 19 produk unggulan Indonesia ini terdiri  atas 10 produk peraih predikat Best Design dan 9 produk peraih predikat Good Design. Produk-produk  ini terpilih ini  berdasarpada perolehan nilai tertinggi dari hasil penjurian GDI yang telah dilaksanakan pada 15–17 Juni 2022.

Dari 19 produk tersebut, sebanyak 13 produk merupakan produk hasil usaha kecil dan menengah (UKM).

Berikut adalah 10  produk berpredikat Best Design:  Bata Interlock Reka Brick (Bata Lego Madura), PeduliLindungi (Kemenkes), Dark Chocolate Bar Ransiki West Papua (Pipiltin), Kain Daur Ulang (Daur Langkah Bersama), Bobocabin (Bobobox Mitra Indonesia), Kata (Bana Andaru Nusantara), Menuju Tubaba (Nusa Artha Estetika), Recycled Weaving Panel (BYO Living), serta Natabata dan Ngekos (Andy Rahman Architect).

Sedangkan 9 produk peraih Good Design adalah:  Raja Ampat Table Collection, Alter Lounge Chair, Koral, IAWR 2021, Kopi Susu Xpresso & Kopi Tubruk Espresso, Sadel Kayu, Airdisinfex, Mini E-scooter Gesits M1, dan Panarilla.

Prestasi Indonesia di GDA Tahun 2021

Pada tahun 2021 enam produk Indonesia yang diikutsertakan dalam GDA keluar sebagai peraih predikat desain terbaik yang mendapatkan G-Mark bersama para pemenang lain dari seluruh dunia.

G-Mark merupakan penghargaan desain internasional yang diberikan kepada produk-produk terbaik dari ajang GDA ini.

“Kemampuan produk-produk Indonesia untuk bersaing di tingkat global telah teruji di ajang GDA tahun lalu. Di tahun ini pun, kami harap produk-produk Indonesia juga membawa hasil yang membanggakan,” ungkap Didi.

Promosi Produk Pemenang Juga Melalui Bantuan 46 Kantor Perwakilan Perdagangan Indonesia

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Miftah Farid menyampaikan, Kemendag akan memfokuskan promosi produk-produk pemenang Best Design dan Good Design 2022 tidak hanya melalui GDA di Jepang saja, tetapi juga melalui berbagai pameran di dalam dan luar negeri lewat bantuan 46 kantor perwakilan perdagangan Indonesia di sejumlah negara mitra dagang.

GDI Jadi Gerbang Menuju Pasar Global

Miftah Farid juga menjelaskan bahwa  GDI menjadi pintu gerbang  pelaku usaha menuju pasar global. Keberadaan GDI merefleksikan komitmen Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag dalam mendampingi pelaku usaha tidak hanya dari sisi peningkatan daya saing produk namun juga promosi di dalam dan luar negeri untuk mengakses pasar yang lebih luas.

GDI adalah ajang penghargaan tahunan bagi produk Indonesia dengan desain yang baik serta produksi yang berkelanjutan, yang akan menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi dan kompetitif di pasar ekspor. GDI telah diselenggarakan sejak 2017 dan telah memiliki kerja sama dengan Good Design Award di Jepang. Kerja sama ini membuka jalan bagi para pemenang GDI untuk secara otomatis mendapatkan hak mengikuti penjurian GDA tahap akhir.