Gula Merah Diminati di Pasar Ekspor dan Domestik

0
61
gula merah
Ilustrasi: Pekerja membuat gula merah pasak di Industri produksi PD Sumber Kehidupan, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (25 Juli 2022). (Foto: Infopublik)

(Vibizmedia – Commodity) Gula merah atau seringkali disebut gula Jawa, adalah salah satu jenis gula yang kerap dipakai dalam masakan kuliner Indonesia. Warnanya cokelat gelap kemerah-merahan dicetak dalam bentuk silinder kecil padat. Gula ini terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma.

Salah satu provinsi yang mengalami peningkatan hasil dan juga penjualan gula merah baik untuk pasar domestik maupun ekspor, adalah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado melaporkan bahwa terjadi tren peningkatan lalu lintas komoditas gula merah (gulmer) asal Sulut.

Dari data yang ada di Karantina Pertanian Manado selama tahun 2021, komoditas olahan asal sub sektor perkebunan ini telah berhasil diekspor ke tiga negara yaitu Hongkong, Jepang dan Singapura.

Diharapkan para pelaku usaha pembuat gula merah yang rata-rata dalam skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini juga akan lebih fokus lagi dalam membidik pasar ekspor karena peluang pasarnya masih terbuka lebar.

Karantina Pertanian Manado menyiapkan pendampingan berupa sosialisasi dan bimbingan teknis tentang persyaratan ekspor kepada para pelaku usaha yang tentunya itu sudah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada Karantina Pertanian untuk mengawal peningkatan ekspor dan pihaknya telah terjun langsung kelapangan untuk memberikan pendampingan.

Pada tahun 2021 lalu saja ekspor Gula Merah dari Bumi Nyiur Melambai baru berasal dari tiga daerah yakni Kota Manado, Kota Bitung, serta Kota Tomohon.

Kepala Badan Karantina Pertanian Manado – Bambang mengapresiasi peningkatan lalu lintas komoditas gula merah baik domestik maupun ekspor. Ini menunjukkan kualitas gula merah ini bagus dan disukai oleh negara lain, karenanya bisa dikembangkan lagi mengingat negara Indonesia memang begitu banyak tumbuh pohon aren sebagai pohon penghasil cairan untuk bahan gula merah.

Sebagaimana komoditas buah pinang jika fokus untuk dikembangkan akan mengalami kemajuan, gula merah ternyata bisa juga menjadi komoditas unggulan ekspor yang baru di bidang pertanian. Kunci utamanya adalah bersama-sama dalam bersinergi dengan instansi terkait lainnya untuk mewujudkan gula merah sebagai komoditas ekspor unggulan pertanian yang baru.

Gula merah dari Indonesia mengandung berbagai zat gizi yang tentunya dapat memberikan sejumlah manfaat Kesehatan, antara lain: pertama, Membuat tubuh lebih ber-energi, Karena gula merah dikenal sebagai sumber energi untuk tubuh. Jika Anda melakukan aktivitas fisik yang intens, gula dapat menjadi sumber energi utama.

Kedua, meningkatkan kekebalan tubuh, karena kandungan fitonutriennya. Ketiga, membantu menjaga tingkat gula darah. Setiap pemanis yang diserap tubuh memiliki indeks glikemik. Indeks glikemik adalah skala untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat yang dikonsumsi meningkatkan glukosa dalam darah Anda.

Emy T/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Infopublik