KTT Y20: Momentum Pemuda Berperan Percepat Pemulihan Pasca-COVID-19

0
68
peran pemuda
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan pada Pertemuan Puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) pada Jumat, 22 Juli 2022 (Foto: Info Publik)
(Vibizmedia – Nasional) Saat memberikan sambutan pada Pertemuan Puncak Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 (KTT Y20) pada Jumat (22/7) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan bahwa KTT Y20 dapat dijadikan momentum bagi para pemuda, dalam memberikan sumbangsihnya pada percepatan pemulihan pembangunan Pasca-COVID-19.

Pemuda Berperan Memberi Solusi Permasalahan Percepat Pemulihan Pasca COVID-19

Pemko Muhajir menyatakan pentingnya sumbangsih pemikiran para pemuda melalui KTT Y20 diharapkan dapat mendukung dan memberikan solusi permasalahan yang dihadapi negara-negara di dunia khususnya percepatan pemulihan pasca-COVID-19.

Wadah Pemimpin Muda Masa Depan Memberi Rekomendasi Kebijakan Kepada Pemimpin Negara

Ia melanjutkan bahwa tujuan event KTT Y20 adalah sebagai wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, serta bertukar ide dan gagasan, hingga mencapai kesepakatan bersama untuk memberikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara.

Suara Pemuda adala Suara Masa Kini dan Masa Depan

Menko PMK Muhadjir memiliki harapan bahwa suara para pemuda yang ikut andil dalam kegiatan KTT Y20 ini dapat bermanfaat bagi anak muda lainnya di seluruh dunia.

Menko Muhadjir meyakini bahwa apa yang dihasilkan tidak hanya mewakili suara pemuda di Indonesia atau di negara G20, tetapi anak muda di seluruh dunia karena suara pemuda adalah suara masa kini dan masa depan.

Ia mengatakan sebagai perwakilan dari pemerintah Indonesia juga menerima hasil laporan berupa komunike KTT Y20 di dalamnya berisi rekomendasi kebijakan yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai masukan untuk menambah ide dan gagasan pada KTT G20 nantinya.

Co Chair Y20 Indonesia, Rahayu Saraswati, menyampaikan di dalam  laporannya bahwa ada  beberapa poin penting dari hasil pertemuan KTT Y20, mulai dari mengupayakan kehidupan yang layak huni hingga keragaman dan inklusi yang berkelanjutan.

Ia melanjutkan bahwa hasil pertemuan juga mengenai mengoptimalkan planet yang berkelanjutan dan layak huni, transformasi digital, keterbukaan lapangan kerja bagi anak muda, dan keragaman, serta inklusi yang berkelanjutan.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 atau Y20 pada 2022. Terdapat empat bidang prioritas yang  diusung dalam event ini yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi.

KTT Y20 merupakan rangkaian kegiatan dari G20 yang diselenggarakan di Jakarta dan Bandung mulai dari tanggal 17 hingga 24 Juli 2022 dengan mengusung tema “Dari Pemulihan Ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca COVID-19”. Serta diikuti oleh 72 delegasi pemuda maupun pemudi dari 18 negara anggota G20.

Closing Ceremony KTT Y20: Generasi Muda Miliki Peran Penting Tentukan Masa Depan Bangsa