KKP Tingkatkan Kualitas Nelayan dengan Sertifikasi

0
71
Ekspor
Ilustrasi sektor perikanan KKP (Foto: Infopublik)

(Vibizmedia – Nasional) KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) terus mendukung dalam meningkatkan kualitas nelayan dengan program sertifikasi. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kecakapan dan pemberdayaan nelayan.

Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan – Mansur – menjelaskan bahwa para nelayan yang telah tersertifikasi berpeluang untuk bekerja menjadi AKP pada kapal perikanan yang berukuran besar.

KKP dalam menjalankan komitmennya, salah satunya yaitu dengan menyiapkan nelayan yang andal juga bersertifikasi untuk bisa mendukung implementasi penangkapan ikan terukur.

Untuk itu dilakukan bimbingan teknis (bimtek) kecakapan nelayan, yang bertujuan mewujudkan sertifikasi nelayan kecil juga awak kapal perikanan (AKP) secara masif. Bimtek ini juga serentak dilakukan di 29 lokasi kampung nelayan maju juga diikuti oleh sebanyak 2.000 nelayan.

“Dengan kemampuan yang mumpuni para nelayan dapat meningkatkan produksi tangkapannya yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya,” ungkap Mansur saat membuka kegiatan bimtek tahap satu tersebut.

Sertifikasi ini menjadi bukti bahwa bekerja di laut pun membutuhkan kompetensi dan keahlian.

Lihat: KKP Dorong UMKM Lakukan Ekspor, Nikmati Tarif Ekspor Nol Persen

Peserta bimtek difokuskan terhadap nakhoda kapal perikanan yang berukuran hingga 5 Gross Tonnage (GT) dan juga AKP yang bekerja pada kapal perikanan 5 s.d 30 GT. Mereka di sini juga akan mendapatkan materi pengetahuan dasar mengenai pelayaran juga operasi penangkapan ikan dan pengenalan keselamatan kerja juga pertolongan pertama pada kecelakaan.

Upaya yang dilakukan KKP ini tentu saja juga menjadi terobosan untuk bisa mendekatkan pelayanan kepada para nelayan yang ada di sentra-sentra nelayan atau juga pelabuhan perikanan. Sehingga akses bagi nelayan atau AKP ini untuk bisa mendapatkan pengetahuan akan terbuka secara luas.

“Peningkatan kapasitas nelayan ini juga merupakan upaya KKP untuk mendukung dan mewujudkan penangkapan ikan terukur serta pengembangan kampung nelayan maju. Selain itu juga merupakan implementasi alih wewenang dari Kementerian Perhubungan terkait sertifikasi awak kapal perikanan,” pungkas Mansur.

Menteri Kelautan dan Perikanan – Sakti Wahyu Trenggono juga mengatakan pemberdayaan nelayan kecil ini terus dilakukan oleh KKP untuk bisa mengembangkan potensi yang ada di wilayah kampung nelayan maju juga perikanan yang terus berkelanjutan. Tentunya juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat nelayan.