Perdagangan Mainkan Peran Kunci Dorong Pemulihan dari Pandemi

0
160
perdagangan kunci pemulihan
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menghadiri High Level Forum (HLF) on Trade, Investment, and Industry (TII) yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (26 Juli).

(Vibizmedia – Nasional) Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menghadiri High Level Forum (HLF) on Trade, Investment, and Industry (TII) yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (26 Juli 2022).

Wamendag menekankan bahwa perdagangan memainkan peran kunci dalam mendorong pemulihan dari pandemi Covid-19 dan ketegangan geopolitik yang terjadi saat ini. Kerja sama perdagangan berperan penting dalam meningkatkan ketahanan ekonomi terhadap guncangan.

Pandemi Covid-19 dan ketegangan geopolitik saat ini juga menyoroti peran teknologi digital dalam membangun rantai pasokan dan nilai global yang tangguh dan bermanfaat bagi semua orang, terutama untuk UMKM.

Transformasi digital telah berkontribusi pada ketahanan nilai global dan rantai pasokan, serta mengurangi biaya dalam perdagangan internasional.

Wamendag juga mengatakan bahwa kita harus mereformasi WTO (The World Trade Organization) dan meningkatkan aturannya untuk mengatasi tantangan abad ke-21.

G20 TIIWG  (Trade, Investment, and Industry Working Group)  harus dapat membangun kembali kepercayaan antarnegara melalui peningkatan semua fungsi WTO, terutama fungsi negosiasi dan pemantauan WTO, serta sistem penyelesaian sengketa. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong negara-negara agar menyeimbangkan dialog dan mengakomodasi pandangan yang berbeda.

Pada kesempatan tersebut, Wamendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono dan Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional, Reza Pahlevi.

perdagangan kunci pemulihan
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam High Level Forum (HLF) on Trade, Investment, and Industry (TII) yang dilaksanakan secara virtual, Selasa, 26 Juli 2022 (Foto: Kemendag)