Hunian Tetap Penyintas Badai Siklon Tropis Seroja di NTT Siap Dihuni pada Agustus 2022

0
198
PUPR
Bangunan hunian tetap bagi penyintas penyintas badai siklon tropis seroja dan banjir bandang di Nusa Tenggara Timur. FOTO: PUPR

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merehabilitasi dan merekonstruksi hunian tetap (huntap) yang tangguh terhadap bencana bagi penyintas badai siklon tropis seroja dan banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR Widiarto mengatakan 386 unit khusus di Kabupaten Alor saat ini progresnya sudah di atas 90% dan siap dihuni pada Agustus 2022, jelasnya dalam keterangan tertulis.

Widiarto menjelaskan bahwa pembangunan tersebut dilaksanakan dengan skema Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) tahun 2021-2022.

Hunian tetap dengan tipe 36 menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Kawasan hunian tersebut memiliki prasarana pendukung, di antaranya sarana air bersih dan sanitasi (sistem komunal), jalan lingkungan, drainase, jaringan Penerangan Jalan Umum (PJU), tempat sampah, serta fasilitas umum dan sosial.