ASEAN Para Games XI Resmi Dibuka Wapres Ma’ruf Amin, PLN Sediakan Listrik Tanpa Kedip Selama 7 Hari

0
60
Listrik untuk Asean Para Games
Bertempat di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games XI pada Sabtu, 30 Juli 2022 (Foto: Dok PLN)

(Vibizmedia – Nasional) Bertempat di  Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah,  Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi membuka ASEAN Para Games XI  pada Sabtu (30/7) malam. Pesta olahraga khusus untuk atlet difabel ini akan berlangsung hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Sejumlah kegiatan  digelar untuk meramaikan pembukaan event akbar ini, seperti pertunjukan  wayang, parade atlet dari 11 negara dan sejumlah acara lain.

ASEAN Para Games bukan sekadar kompetisi. Event ini menjadi sumber inspirasi bagi semua orang tentang makna kesetaraan.

Setelah sempat tertunda karena pandemi COVID-19, ASEAN Para Games akhirnya bisa terselenggara di Solo.

ASEAN Para Games XI Solo 2022 adalah ajang olahraga multicabang yang diikuti para atlet difabel se-Asia Tenggara yang mempertandingkan 14 cabang olahraga seperti atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn bowls, bulu tangkis, balap sepeda, menembak dan voli duduk.

Ajang ini diikuti oleh 1.285 atlet dari 11 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia selaku tuan rumah, Laos, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Wapres Resmi Membuka ASEAN Para Games XI Solo 2022

Wapres Ma’ruf Amin mengaku gembira bisa membuka acara ini karena acara ini merupakan acara yang istimewa.

“Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan. Para Games merupakan suatu yang istimewa karena atlet Para Games adalah atlet-atlet terbaik,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf menyambut baik para atlet dari 11 negara yang berpartisipasi dengan harapan event ini menjadi jembatan untuk mempererat hubungan antar negara ASEAN.

“Kepada seluruh atlet, selamat berjuang, dalam kompetisi yang sehat sportif. Saya berharap perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakat ASEAN,” katanya.

Sementara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga Ketua Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc) mengucapkan terima kasih telah memilih Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI. Bahkan, ia juga bertanya kepada warga Solo yang hadir terkait kesan mereka dengan terpilihnya kembali Solo menjadi tuan rumah.

“Warga Solo saya mau bertanya, bangga tidak jadi tuan rumah Para Games untuk kedua kalinya?” ujar Gibran yang disambut sorak warga yang hadir.

Gibran juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah atas terselenggaranya acara ini.  “Ini luar biasa sekali gotong royongnya bersama teman-teman difabel,” kata Gibran.

PLN Mendukung Dengan Listrik Tanpa Kedip Selama 7 Hari

PT PLN (Persero) juga berkomitmen untuk menyukseskan acara ini dengan memastikan keandalan listrik tanpa kedip di lokasi pertandingan maupun fasilitas pendukung lainnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga ini. Dia menuturkan, PLN sudah berpengalaman dalam mendukung event internasional.

Darmawan menyatakan bahwa PLN mendukung ASEAN Para Games XI bisa berjalan lancar dengan menerapkan zero down time (ZDT) agar pasokan listriknya aman, andal dan tanpa kedip dari pembukaan hingga akhir acara selama tujuh hari.

Pasokan listrik berlapis dan ratusan personel disiagakan untuk menjamin listrik tanpa kedip ini. PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis melalui 8 unit gardu berjalan (UGB), 25 unit uninterrutible power supply (UPS), 3 unit kabel bergerak (UKB), dan 14 unit genset dengan total peralatan sebanyak 50 unit. Peralatan backup tersebut dilengkapi dengan automatic change over switch (ACOS).

“Kami juga mempersiapkan dari sisi pembangkitan, jaringan transmisi, gardu induk, jaringan distribusi hingga ke venue-nya,” jelas Darmawan.

Pasokan Listrik 180 Megawatt Khusus Pada Pembukaan

Khusus pembukaan acara, Darmawan menuturkan, PLN menyiapkan pasokan listrik 180 megawatt (MW), dari kebutuhan 10 MW. Sehingga, pasokan listrik aman untuk menjamin berjalannya acara.

Darmawan memastikan bahwa pasokan sangat aman, karena dibuat lapis tiga. Lapis pertama adalah pasokan dari PLN,   kemudian dari UPS  lapis kedua, dan genset pada lapis ketiga.

Menyiapkan Total 659 Personel

Selama periode siaga 30 Juli–6 Agustus 2022, PLN menyiapkan total sebanyak 659 personel yang terdiri dari 42 personel posko pembangkitan, 42 personel pengatur beban, 80 personel transmisi gardu induk, 156 personel teknik distribusi, 27 personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan 312 personel pelayanan teknik. Petugas tersebut disiagakan di 14 lokasi pertandingan dan 16 lokasi pendukung.

Selain itu, para personel siaga juga didukung dengan armada kendaraan teknis sebanyak 35 unit yang terdiri dari 22 unit kendaraan roda empat, 8 unit sepeda kendaraan roda dua, dan 5 unit mobil PDKB sentuh langsung.

Sebanyak 14 lokasi utama yang menjadi menjadi prioritas pengamanan PLN di antaranya Stadion Manahan Solo, Edutorium UMS, Sport Center UNS, Hotel Solo Paragon, Tirtonadi Convention Hall, Stritex Arena, Manahan Tennis Center, UNS Sport Center Kentingan, Stadion Kota Barat, Techno Park Solo, UTP Sport Center, Lor-In Dwangsa Hotel, dan GOR Jatidiri Semarang.

“Dari 14  lokasi utama untuk ASEAN Para Games ini, sebanyak 13 lokasi di Solo, satu lokasi di Semarang, semuanya kami pastikan juga pasokan listriknya bisa tanpa kedip,” terang dia.

Laba PLN Naik Sebesar Rp 17,4 Triliun Hingga Semester I 2022