Kemenko PMK Kolaborasi dengan DUDIKA Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

0
61
Pelatihan Vokasi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meresmikan Gedung Center Of Excellence (COE) di SMK 3 Muhammadiyah Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. FOTO: KEMENKO PMK

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan peran aktif penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi sangat dibutuhkan sehingga kompetensi lulusan vokasi betul-betul siap bekerja atau mampu berwirausaha.

Untuk itu, Menko PMK Muhadjir meresmikan gedung dan menandatangani MoU dalam rangka merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi guna menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha-Dunia Industri-Dunia Kerja (DUDIKA).

Perpres Nomor 68 Tahun 2022 ini mengusung semangat gotong royong dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun DUDIKA. Peran serta seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Ia berharap dengan adanya Perpres ini seluruh pemangku kepentingan perlu berkolaborasi untuk melaksanakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Karena itu, saya mengajak semua pihak agar secara bersama-sama berperan dalam melaksanakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi dalam mendukung implementasi Perpres ini,” jelas Muhadjir saat meresmikan Gedung Center Of Excellence (COE) dan menyaksikan penandatanganan MoU dengan PT Kubota Indonesia di SMK 3 Muhammadiyah Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu, 30 Juli 2022.