Indonesia – Viet Nam Berperan Vital Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

0
79
kerjasama indonesia-vietnam

(Vibizmedia – Nasional) Presidensi G20 Indonesia mengusung semangat ekonomi global telah memberikan inspirasi  membangun kolaborasi antar negara. Terlebih dengan  menghadapi tahun 2022 yang adalah momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi. Hal ini tercermin dalam hubungan Indonesia dan Viet Nam yang terus mempererat kerja sama dan kemitraan strategis di tengah tantangan pandemi.

Hubungan erat Indonesia-Viet Nam dalam kerja sama ekonomi tercermin dari perdagangan kedua negara yang terus meningkat. Hal ini diungkapkan Duta Besar RI untuk Viet Nam, Denny Abdi, saat menghadiri Remarkable Business Indonesia – Viet Nam: Recover Together, Recover Stronger yang diselenggarakan di Ho Chi Minh City, Jumat (29/7/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Konsulat Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk menjembatani penguatan kerja sama antar komunitas bisnis kedua negara sehingga pada gilirannya turut berkontribusi pada kemajuan kerja sama dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Selain diisi dengan presentasi terkait update ekonomi bisnis kedua negara, kegiatan juga dimeriahkan dengan peragaan busana Batik, persembahan tarian tradisional nusantara dan lagu-lagu Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 200 tamu undangan dari kalangan pebisnis baik Indonesia dan Viet Nam, perwakilan pemerintah Viet Nam dari beberapa provinsi di Viet Nam Selatan seperti Dong Nai, Binh Duong dan Tien Giang, serta perwakilan kalangan korps konsulat asing di Viet Nam.

Kegiatan didahului oleh Business Networking yang menampilkan informasi produk dan jasa beberapa perusahaan Indonesia yang memiliki bisnis dan investasi di Viet Nam. Business Networking juga telah mempertemukan kalangan bisnis dari berbagai sektor baik dari Vietnam dan Indonesia, dan mempertegas hasil-hasil konkrit yang dicapai bersama dalam pengembangan kerja sama ekonomi bisnis dan investasi.

Volume Perdagangan Melampaui Target di 2021

Dubes Denny menyatakan bahwa kedua negara berhasil membukukan volume perdagangan bilateral senilai lebih dari USD 11 miliar pada tahun 2021, melampaui target USD 10 miliar yang hendak dicapai pada tahun 2023 sejalan Plan of Action 2019-2023.

 “Karena itulah, pada pertemuan Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) pada pertengahan Juli 2022, kedua negara menyepakati peningkatan target perdagangan menjadi USD 15 miliar sebelum tahun 2028″, tambah Dubes Denny.

Perlunya Strategi Baru, Tingkatkan Sektor Perikanan, Industri Hi-Tech dan Ekonomi Digital

Pada kesempatan tersebut Dubes Denny juga menyebutkan perlunya strategi baru kerja sama antar kedua negara. Beberapa sektor potensial yang dapat ditingkatkan dalam kerja sama Indonesia – Viet Nam diantaranya adalah sektor perikanan, industri hi-tech dan ekonomi digital.

“Ho Chi Minh City bangga menjadi mitra ekonomi Indonesia,” tegas Direktur Departemen Industri dan Perdagangan Ho Chi Minh City, Mr. Bui Ta Hoang Vu mewakili Komite Rakyat Ho Chi Minh City.

Mr Vu merujuk pada data perdagangan Indonesia dengan Ho Chi Minh City yang meningkat hingga 2 kali lipat pada 2021 menjadi USD 1,4 miliar dibandingkan 2020, walaupun dalam situasi pandemi.

Kedua Negara Berperan Vital Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

Sementara itu Chair B20 Summit, Ibu Shinta Kamdani melalui pesan video yang ditayangkan dalam kegiatan ini juga menekankan signifikansi Indonesia dan Viet Nam sebagai dua negara anggota ASEAN yang berperan vital dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di kawasan.

“Prioritas kerja sama ke depan harus ditekankan di bidang terkait transisi energi dan digitalisasi”, ujar Shinta.

Di sisi lain, Mr. Nguyen Long Hien dari PwC Viet Nam yang menyampaikan presentasi “Remarkable Business Indonesia – Viet Nam: a Parallel History of Economic Development”, mengingatkan tantangan yang sama bagi kedua negara dalam memajukan ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya.

“Kedua negara harus menavigasi berbagai ketidakpastian pasca pandemi seperti krisis global, inflasi dan hambatan supply chain serta melanjutkan pengembangan iklim bisnis yang inklusif demi menarik investasi yang lebih luas”, ungkap Hien.

Konjen RI di HCMC, Agustaviano Sofjan berharap melalui kegiatan ini, hubungan kerja sama ekonomi kedua negara yang cukup baik selama ini akan semakin meningkat memasuki 10 tahun peringatan Kemitraan Strategis Indonesia-Viet Nam pada tahun 2023 mendatang.

kerjasama indonesia viet nam

kerjasama indonesia viet nam

Kerjasama Bilateral Indonesia-Belanda di Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi