Inilah Mobil Listrik Wisata untuk Atlet ASEAN Paragames di Solo

0
72
ASEAN Paragames
Mobil listrik angkutan wisata para atlet dan official Asean Paragames XI, 2022, di Solo (Foto: Infopublik)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) ASEAN Paragames (APG) XI 2022 tengah berlangsung di Kota Solo – Jawa Tengah. Ada yang menarik dari penyelenggaraan acara tingkat ASEAN ini, yaitu Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengoperasikan mobil listrik wisata, untuk mengantar atlet maupun ofisial yang di kawasan Stadion Manahan Solo.

“Mobil listrik wisata itu disediakan oleh Pemkot ditempatkan di kawasan Stadion Manahan Solo untuk transportasi atlet dari pintu timur sampai ke pintu VVIP dan sebaliknya,” kata salah satu pengemudi Mobil Angkutan Wisata Dinas Perhubungan Surakarta, di Stadion Manahan Solo, Selasa (2/8/2022).

Rencananya mobil wisata ini beroperasi dari tanggal 2 – 6 Agustus 2022 yaitu saat event APG XI Solo 2022 berakhir. Kendaraan wisata ini berbasis tenaga listrik.

Saat ini seluruhya ada 10unit mobil wisata, tapi yang ditempatkan di kawasan stadion Manahan hanya dua unit.

“Kalau sebelum ada APG XI, mobil wisata itu beroperasi setiap Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, waktunya pukul 9.00, 11.00, dan 13.00 WIB, dengan kapasitas penumpang sebanyak tujuh orang,” ungkap Hery, salah satu pengemudi.

Ada tiga rute wisata yang dilalui mobil wisata atlet ini. Pertama melewati Benteng Vastenburg menuju Keraton Kasunanan, kemudian lewat depan Pasar Klewer masuk kampung Batik, ke jalan Singosaren, ke jalan Pura Mangkunegaran, PTPB, Balai Kota, Pasar Gede kemudian kembali ke Benteng Vastenburg.

Rute kedua dari Pasar Oleh-oleh kemudian ke Jalan Agus Salim, jalan Samanhudi, kemudian ke kampung Batik Laweyan, Museum Samanhudi dan kembali ke Pasar Oleh-oleh.

Rute ketiga dari kantor Dinas Perhubungan Surakarta, kemudian ke Pura Mangkunegaraan, Ria batik, lewat Monumen Pers, Masjid Solihin ke Pasar Burung, Pasar Ikan dan balik lagi ke Dinas Perhubungan.