Pemasangan Bendera Merah Putih Sepanjang 248 Meter Sambut Hari Kemerdekaan RI

0
71
Bendera Merah Putih
Bendera Merah Putih sepanjang 248 meter yang menghiasi Perumahan Mutiara Tragung di Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang.(Foto: Info Publik)

(Vibizmedia – Nasional) Dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI Ke-77 sekelompok waga melakukan pemasangan bendera Merah Putih sepanjang 248 meter yang menghiasi Perumahan Mutiara Tragung di Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dilansir dari Info Publik, Ketua Paguyuban Damai Sejahtera M. Syamsir saat ditemui di Perumahan Mutiara Tragung, Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Senin (1/8/2022), mengatakan bahwa pemasangan bendera Merah Putih ini untuk memeriahkan Peringatan HUT Ke-77 RI dan melaksanakan gerakan serentak pemasangan bendera dari Pemerintah Pusat.

Ia menjelaskan bahwa pemasangan bendera Merah Putih ini juga sebagai bentuk kemeriahan kemerdekaan dan sekaligus tempat berteduh bagi aktivitas kemerdekaan seperti  berbagai lomba nantinya

Pemasangan bendera Merah Putih ini dilakukan secara gotong royong oleh warga sepanjang jalan dengan melewati 45 rumah. Teknik yang digunakan hanya memakai tambang yang diikat di rumah-rumah warga.

Hasil Jahitan Salah Satu Warga

Ia juga menjelaskan bahwa bendera Merah Putih yang dipasangadalah hasil jahitan salah satu warga yang membutuhkan waktu selama seminggu.

Anggaran pembelian kain untuk bendera Merah Putih melalui iuran para warga Paguyuban Damai Sejahtera dengan total biaya sebesar Rp4.000.000,00.

“Rencananya bendera Merah Putih ini dipasang selama sebulan penuh sesuai imbauan pemerintah pusat. Jika ada ikatan tambang yang putus pasti kita perbaiki,” ujarnya.

Ia berharap, semoga pemasangan bendera Merah Putih dapat kita selenggarakan pada setiap tahunnya dengan ukuran lebih panjang lagi.

Sekretariat Presiden Buka Pendaftaran Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 bagi 77 Ribu Warga