Meta dan Cisco Dipastikan Ikut Serta dalam Pameran Transformasi Digital KTT G20 Bali

0
69
meta cysco
Kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate ke kantor pusat Cisco Systems di San Jose dan Meta di San Francisco, Amerika Serikat (Foto: Berto/Humas Kominfo)

(Vibizmedia – Internasional) Salah satu hasil kunjungan  kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate ke kantor pusat Cisco Systems di San Jose dan Meta di San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat (29/7/2022)  adalah kesediaan dua raksasa teknologi asal Amerika Serikat,  Meta dan Cisco Systems, untuk ikut serta dalam Pameran Transformasi Digital atau Digital Transformation Expo (DTE),  yang adalah bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Menkominfo Johny menyampaikan bahwa hasil pertemuan dengan Meta di Palo Alto, California berjalan baik. Telah disepakati bahwa Kementerian Kominfo dan Meta akan bekerja bersama-sama  menyiapkan showcase digital transformation di KTT G20 dalam bentuk Digital Transformation Expo. Saat ini ada dalam tahap penyelesaian akhir dan diharapkan  menjadi showcase yang menarik.

Menkominfo mengajak kedua perusahaan teknologi multinasional tersebut untuk berkolaborasi mendukung penyelenggaraan puncak acara dari rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia tersebut.

Vice President (VP) of Connectivity Policy, Meta Monica Desai,  menyatakan bahwa pihaknya sangat tertarik untuk berkolaborasi dengan Kementerian Kominfo dalam membawa konsep Meta dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

Dia mengaku sangat senang atas kunjungan Menkominfo ke kantor pusat Meta di California dengan membawa komitmen untuk memajukan ekonomi digital seluruh anggota G20 dan juga global.

“Kami mendukung ajakan Kemkominfo di ajang G20 Summit di Indonesia karena sejalan dengan komitmen memajukan digital economy dan menghadirkan Meta bagi generasi masa depan,” tuturnya.

Sebelumnya, Menkominfo mengadakan pertemuan dengan VP, WW Sales & Country Sponsor Cisco, Cassie Roach dan mengajak Cisco berpartisipasi di pada gelaran DTE KTT G20 di Bali.

Cassie Roach juga menyambut positif ajakan kerjasama dari pemerintah Indonesia dalam KTT G20 dan juga pengembangan talenta digital dalam rangka percepatan transformasi digital.

“Saya berharap Menteri Kominfo sukses dalam agenda transformasi digital untuk mencapai kemajuan ekonomi serta perkembangan talenta digital,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Cisco memamerkan teknologi room panorama, yakni sistem untuk konferensi video (video conference system). Room panorama berfungsi untuk mentransformasikan ruang konferensi atau pertemuan lokal atau global ke dalam hub video kolaborasi.

Selain mengajak berpartisipasi, Menkominfo juga memberikan cendera mata berupa gunungan yang menjadi logo Presidensi G20 Indonesia kepada perusahaan-perusahaan Amerika tersebut.

Menkominfo: Peluncuran dan Operasi Komersial Satelit HBS Bisa Tepat Waktu