Walking Iris, Pesona Iris Cantik Serupa Anggrek

0
114
walking iris
Bunga Walking Iris (Foto: Tety Widjaya / Kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Mari mengenal tanaman  Neomarica Northiana atau  Iris Putih, sering dikenal juga dengan nama Walking Iris,  merupakan anggota keluarga Iris yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini merupakan tumbuhan semak berbunga yang bisa mencapai tinggi 45-90 cm.

Bunga Walking Iris punya karakteristik yang berbeda dari bunga Iris lainnya. Bunganya sangat cantik dan eksotik. Dan istimewanya adalah sangat mirip dengan bunga anggrek. Bahkan kadang dianggap bunga anggrek tanah. Bunganya  menyerupai persilangan antara anggrek dan bunga Iris.

Dua spesies yang paling sering tumbuh adalah Neomarica Caerulea, dengan bunga biru cerah yang memiliki cakar coklat, oranye dan kuning, dan Neomarica gracilis, dengan bunga biru dan putih.

Kecantikan tanaman ini juga terlihat dari daun yang nampak seperti pedang dengan warna hijau cantik.

Bunga tanaman ini tidak bertahan lama, karena hanya bertahan satu hari. Tetapi tanaman ini akan berbunga beberapa kali dalam sebulan.

Tanaman ini sering disebut “Walking Iris” karena kebiasaan tanaman ini  melakukan propagasi sendiri.  Tanaman ini nampak seperti berjalan di sekeliling taman karena memiliki banyak tambahan  tanaman muda atau tanaman mini hasil regenerasi yang  terbentuk di ujung batang tanaman. Tanaman muda akan merunduk ke tanah dan berakar. Proses ini akan terus berulang sehingga memberi gambaran seperti berjalan atau bergerak.

walking irish
Walking Iris adalah tanaman semak berbunga (Foto: Tety Widjaja / Kontributor Vibizmedia)

Tidaklah sukar menanam tanaman ini. Selain melakukan propagasi sendiri, kita juga bisa menanam rhizoma tanaman di dalam tanah atau pot.  Perlu juga dilakukan penyiraman teratur tiap hari dan pemupukan setiap dua minggu.

Untuk pertumbuhan terbaik, Walking Irish perlu ditanam di tanah yang lembab dengan pengairan yang bagus.  Tanaman ini bisa terkena matahari penuh  hingga teduh, asal dipastikan tanahnya cukup lembab.

Jika ditanam bersama-sama dalam jumlah yang banyak maka tanaman Walking Irish akan terlihat segar dan cantik.  Walking Irish sangat cocok menjadi tanaman penghias di tepian kolam ataupun sebagai tanaman pembatas di taman Anda. Selain itu tanaman ini juga bisa ditanam dalam pot di dalam ruangan.

Baca Si Melano Rambat yang Cantik

walking irish
Rimbun dan penuh dengan bunga (Foto: Tety Widjaja / Kontributor Vibizmedia)