ASEAN-United Kingdom Ministerial Meeting Utamakan Spirit Kolaborasi Menuju Stabilitas Perdamaian

0
76
ASEAN United Kingdom
Pertemuan ASEAN-United Kingdom (UK) Ministerial Meeting, di Phnom Penh, 4 Agustus 2022 (Foto: Twitter Menlu RI)

(Vibizmedia – Internasional) Pada pertemuan ASEAN-United Kingdom (UK) Ministerial Meeting, di Phnom Penh, 4 Agustus 2022, Menlu RI menyampaikan bahwa ASEAN memiliki komitmen kuat untuk mencapai net-zero target dan mengembangkan infrastruktur ketahanan iklim. Untuk mencapai visi ini, diperlukan investasi hijau senilai USD 3 triliun sampai 2030.

Pertemuan ini adalah untuk pertama kalinya Menteri Luar Negeri ASEAN bertemu dengan Inggris setelah diterima sebagai Mitra Dialog ASEAN pada tahun 2021.

Inggris Diharapkan Tingkatkan Investasi di Sektor Teknologi Rendah

Inggris yang merupakan negara dengan kemampuan di bidang teknologi hijau, maka diharapkan dapat meningkatkan investasi di sektor teknologi rendah karbon di negara-negara ASEAN.

Penandatanganan kerja sama untuk bantuan teknis dan pendanaan infrastruktur berkelanjutan UK-ASEAN Catalytic Green Finance Facility Trust Fund merupakan langkah awal yang sangat baik untuk terus memajukan kemitraan di bidang ekonomi hijau.

ASEAN-Inggris Berkontribusi Bagi Perdamaian dan Stabilitas

Hal lain yang ditekankan Menlu Retno dalam pertemuan ini adalah pentingnya kontribusi ASEAN-Inggris bagi perdamaian dan stabilitas. Retno menyampaikan bahwa apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di kawasan lain. Ia berpendapat bahwa apa yang terjadi di Ukraina merupakan cerminan tidak adanya trust atau adanya distrust yang berkepanjangan. Untuk itu ada banyak pelajaran yang diambil dari situasi ini.

Indonesia juga menyuarakan bahwa adalah  penting bagi ASEAN-Inggris untuk mengutamakan spirit kolaborasi. Kerja sama minilateral harus menjadi pijakan (building blocks) bagi terciptanya stabilitas perdamaian dan bukan menciptakan perpecahan.

Tingkatkan Kerjasama Bidang Ekonomi Kreatif

Dalam pertemuan pertama ini, telah diadopsi Rencana Aksi Tindak Lanjut Kemitraan ASEAN-Inggris untuk Periode 2022-2026 yang antara lain berisi kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama bidang ekonomi kreatif termasuk melalui penguatan kewirausahaan dan pengembangan pasar.

Menlu RI: Pentingnya Kemitraan ASEAN – Korsel dalam Kerjasama Ekonomi Hijau