Mengintip Makanan Khas Kamboja yang Harus Dicoba

0
118
Lok lak
Lok lak makanan khas Komboja (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Apa yang pertama ingin dicari saat masuk ke suatu daerah atau wilayah baru? Ya,benar makanan. Makanan khas yang terkenal dan enak dari wilayah atau negara tersebut. Kali ini kita coba mengintip makanan khas dari negara Kamboja.

Paduan citarasa Vietnam dan Thailand ada di masakan Kamboja. Sekalipun Anda sudah pernah mencicipi masakan kedua negara tersebut, tidak lengkap rasanya kalau belum mencoba masakan Komboja. Kenapa? Karena Kamboja memiliki berbagai makanan yang bisa diberikan jempol karena kekayaan rasanya.

Yuk kita simak sebagian makanan khas Kamboja yang bisa diketahui.

Lok lak

Salah satu makanan khas Kamboja yang berisi irisan daging sapi yang ditumis, biasa disajikan dengan salad hijau, irisan mentimun, jeruk, irisan cabe juga saus lada. Olahan daging sapi direndam semalaman dengan kecap ikan, kecap manis, lemon, lada dan saus tiram untuk menghasilkan suatu rasa yang unik. Bahan dasarnya selain daging sapi bisa juga digantikan dengan daging ayam, daging rusa atau babi.

Machu Trey

Memiliki rasa yang lezat sehingga banyak orang, golongan wisatawan menggemari akan masakan ini. Machu trey berisi racikan fillet ikan serta sayuran segar diolah dengan kaldu. Banyak orang menambahkan rempah hijau segar dan cabai diatasnya sebelum disajikan

Machu Trey (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)
Machu Trey (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)

Machu Kreung

Merupakan hidangan utama Kamboja, campuran asin, asam, dan pedas yang menjadi ciri khas masakan Kamboja. Bumbu-bumbu antara lain serai, lengkuas, daun jeruk purut dan rempah-rempah lainnya menjadikan suatu rasa yang sulit untuk dilupakan.

Machu kreung (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)
Machu kreung (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)

Bok loh hong (Salad Kamboja)

Salad dengan bahan dasar pepaya muda. Pepaya yang diiris setelah itu ditumbuk dengan menggunakan cobek. Bumbu yang dipakai antara lain jeruk limau, kecap ikan dan Prahok (sejenis terasi). Salad khas Kamboja ini  memiliki cita rasa yang menyegarkan saat disantap.

Bok loh hong/ Salad Kamboja (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)
Bok loh hong/ Salad Kamboja (Ferdinan Rafeles / Kontributor vibizmedia)

Jadi ingin mencoba ya? Akan menyesal memang kalau sudah ada di Kamboja tapi tidak sempat mencicipi makanan ini.