Aplikasi PeduliLindungi Menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2022

0
82
aplikasi peduli lindungi

(Vibizmedia – Nasional) Dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Aplikasi PeduliLindungi berhasil meraih Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2022.

Penghargaan tersebut diumumkan secara langsung di kanal YouTube Kementerian PANRB. KIPP sendiri merupakan kegiatan kompetisi tahunan yang dikelola oleh KemenPANRB dengan tujuan untuk mengapresiasi serta mendorong tumbuhnya berbagai inovasi pelayanan publik dari lingkup kementerian dan lembaga umum pemerintahan.

Ada 3.000 lebih inovasi yang bersaing dengan Aplikasi PeduliLindungi dalam kompetisi ini hingga mengerucut ke posisi 99 besar di tahap administrasi. Kemudian berlanjut pada tahap penjurian wawancara yang disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Hingga pada akhirnya hasil kompetisi mengumumkan bahwa aplikasi PeduliLindungi berhasil menempati Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji untuk lingkungan kementerian di tahun 2022.

Atas pencapaian tersebut, Menkes Budi mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak untuk PeduliLindungi sehingga terpilih menjadi salah satu top inovasi pelayanan publik terpuji pada KIPP 2022.

Menkes berpendapat bahwa ini bukan sekedar sebuah pencapaian, namun juga bentuk kepercayaan publik terhadap PeduliLindungi.

Menkes Budi menyatakan apresiasinya juga kepada KemenPANRB yang telah menginisiasi KIPP sehingga telah menjadi ajang pembuktian inovasi pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang optimal. Ia menegaskan bahwa Kemenkes siap bertransformasi untuk mewujudkan transformasi kesehatan melalui teknologi.

Pimpinan unit pengelola aplikasi, Chief of Digital Transformation Office Kemenkes RI Setiaji menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan apresiasi bagi seluruh karyawan dan mitra yang selama ini telah menjalankan fungsi dan pengembangan aplikasi PeduliLindungi sampai hari ini.

Pencapaian ini juga diharapkan semakin menambah semangat dalam berinovasi dan menciptakan fitur-fitur terbaik lainnya untuk mewujudkan transformasi digital di bidang kesehatan. Karenanya, PeduliLindungi terus menerus melengkapi fitur kesehatannya, seperti rekam medis dan imunisasi anak.

”Hingga nantinya diharapkan fitur-fitur di PeduliLindungi tidak hanya bermanfaat untuk penanggulangan pandemi COVID-19, namun juga akan dikembangkan menjadi aplikasi kesehatan bagi masyarakat atau citizen health app,” jelas Setiaji.

Kemenkes RI sendiri menargetkan PeduliLindungi akan menjadi aplikasi yang terintegrasi dengan platform SATUSEHAT yang bersifat personal. Nantinya, setiap pengguna bisa memantau kesehatannya melalui aplikasi kesehatan yang memiliki fungsi sebagai pencatatan medis digital dan mendapatkan pelayanan yang lebih efisien dan transparan dengan fasilitas kesehatan yang telah terintegrasi.

Pemerintah Luncurkan Platform Layanan Kesehatan SatuSehat