Forum Foreign Policy Circle’s Talks Diskusikan Hubungan Indonesia- Australia di Tengah Persaingan AS dan RRT

0
147
Indonesia-Australia
Telah berlangsung Forum Foreign Policy Circle’s Talks (FPCTs) yang pertama, bertema “Indonesia-Australia Relations in the Midst of US and China Strategic Rivalry”, di Kantin Diplomasi, Kemlu RI, 4 Agustus 2022 (Foto: Kemlu RI)

(Vibizmedia – Internasional) Telah berlangsung Forum Foreign Policy Circle’s Talks (FPCTs) yang pertama,  bertema “Indonesia-Australia Relations in the Midst of US and China Strategic Rivalry”, di Kantin Diplomasi, Kemlu RI (04/08/2022).

Kegiatan  yang dipimpin oleh Kepala BSKLN, Dr. Yayan G.H. Mulyana ini diselenggarakan untuk memperoleh pemahaman dan pandangan menyeluruh guna perumusan kebijakan luar negeri mengenai hubungan antara Indonesia dan Australia di tengah persaingan AS dan RRT di regional.

Para peserta yang hadir dalam acara tersebut adalah  Tenaga Ahli Utama, Kantor Staf Presiden; Asisten Deputi Kerja Sama ASEAN, Kemenkopolhukam; Wakil Kementerian PPN/BAPPENAS; serta Wakil-wakil dari unit terkait di lingkungan Kemlu RI.

Dr. Yayan G.H. Mulyana menjelaskan bahwa FPCTs diselenggarakan dengan berpedoman pada Chatham House Rule dan diperuntukkan sebagai forum kajian terbatas guna menelaah secara mendalam policy issue areas yang menjadi perhatian diplomasi dan polugri Indonesia dewasa ini. Dalam pertemuan ini, termasuk membahas penekanan perumusan kebijakan luar negeri Australia terhadap Indonesia di bawah kepemimpinan Anthony Albanese.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Siti Ruhaini Dzuhayatin, menyampaikan secara khusus bahwa sesuai arahan Presiden RI agar Indonesia terus mengambil peran dalam menyeimbangkan kawasan dengan tidak mengembangkan diri secara hegemonik.

Siti menjelaskan bahwa bagian Timur Indonesia menjadi beranda Indonesia di Pasifik dan Indonesia perlu menampilkan diri sebagai aktor diplomatik di Pasifik Selatan.

Pertemuan juga dimanfaatkan untuk menjajaki peluang kerja sama lebih lanjut antara Kementerian Luar Negeri dengan University of Queensland untuk membahas isu-isu strategis terkait kemaritiman, ketahanan pangan, dan isu strategis lainnya. FPCTs direncanakan akan dilaksanakan secara berkala melalui kemitraan dengan perguruan tinggi, think tank, atau lembaga pemerintah baik dari dalam maupun luar negeri.

Indonesia-Australia
Telah berlangsung Forum Foreign Policy Circle’s Talks (FPCTs) yang pertama, bertema “Indonesia-Australia Relations in the Midst of US and China Strategic Rivalry”, di Kantin Diplomasi, Kemlu RI, 4 Agustus 2022 (Foto: Kemlu RI)

Pertama Kalinya Indonesia Ekspor Fortuner ke Australia