Resmi Hari Ini: Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Dongkrak Daya Saing Lokal

0
81
Terminal Kijing
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Selasa (9 Agustus 2022). Foto: BPMI/ Setkab

(Vibizmedia – Nasional) Dengan beroperasinya Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), diharapkan memperkuat daya saing produk unggulan yang dihasilkan oleh pelaku usaha di sekitar wilayah tersebut.

Dengan demikian produk unggulan loka mampu bersaing dengan produk lainnya. Daerah Kalbar memang penghasil produk-produk unggulan, khususnya produk sumber daya alam crude palm oil (CPO), Bauksit, dan Alumina.

“Telah selesai pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness atau daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh provinsi Kalbar,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Selasa (9/8/2022).

Pembangunan infrastruktur yang menghabiskan sekitar Rp2,9 triliun ini, harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pelaku usaha, demikian pesan Jokowi. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha Kalbar dapat semakin berkembang.

Hal ini sangat dimungkinkan karena terminal pelabuhan tersebut memiliki kapasitas sangat besar yakni 500 ribu twenty foot equivalent unit (Teus) dan 8 juta nonpetikemas.

“Itu adalah pelabuhan terbesar di Kalimantan, jadi harus memberikan dampak positif,” kata Presiden.

Untuk akses jalan di wilayah tersebut, akan dilakukan sejumlah perbaikan atau diperlebar sesuai dengan berbagai jenis tipe kendaraan.Sehingga berbagai jenis tipe kendaraan logistik mudah mengakses area terminal.

“Jalannya dari terminal itu akan diperlebar oke Pak menteri PUPR,” kata Jokowi.

Diketahui, penetapan Terminal Kijing sebagai salah satu proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor. 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres No 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Sebagai salah satu proyek strategis nasional, Terminal Kijing akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Pulau Kalimantan. Keberadaannya akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mempawah sehingga akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Lihat: Presiden Jokowi di Bengkayang: BMK dan BLT untuk Kebutuhan Produktif