Russian Market, Pasar Turis di Phnom Penh, Kamboja

0
301
Kamboja
Suasana Russian Market atau Tuol Tompoung Market di Phonm Phenh, Kamboja, Juli 2022 (Foto: Ferdinan Rafeles /Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Russian Market atau Tuol Tompoung Market adalah salah satu destinasi wisata yang layak Anda kunjungi ketika berada di negara Kamboja. Pasar ini berlokasi di Street 163 Corner of Street 444, Phnom Penh, Kamboja.

Russian Market
Tuol Tompoung Market atau Russian Market di Phnom Penh, Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles/ Vibizmedia)

Mengapa lebih dikenal dengan sebutan Russian Market? Karena pada tahun 1980-an banyak ekspatriat Rusia yang berbelanja di pasar ini.

Kamboja
Souvenir hasil karya pengrajin porselen dan kuningan di Tuol Tompoung Market atau Russian Market di Phnom Penh, Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles/ Vibizmedia)

Di Russian Market anda dapat belanja barang-barang souvenir asli Kamboja dan Indocina, seperti: karya ukir tangan dari kayu, berbagai kerajinan tangan dari bambu, dari kayu dan batok kelapa, aneka patung dan barang-barang seni lainnya.

cinderamata
Berbagai cinderamata dari patung dan logam mudah dijumpai di Russian Market, Phnom Penh, Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles/ Vibizmedia)

Selain kios-kios souvenir, juga terdapat bagian-bagian lain seperti kios-kios penjual peralatan tukang, kios-kios penjual pakaian, kios-kios sayur mayur bahkan jika Anda merasa lapar, tersedia area kuliner di tengah-tengah Russian Market ini.

sayur mayur
Kios-kios sayur mayur di Russian Market, Phonm Penh, Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles/ Vibizmedia)

Seiring dengan pandemi Covid19 yang menurun tajam di Kamboja, Russian Market beranjak bangkit setelah sepi pengunjung selama kurang lebih 2 tahun. Turis-turis mancanegara telah kembali berdatangan.

keramik
Piring dan teko keramik unik dan cantik bisa Anda dapatkan juga di Russian Market, Phonm Penh, Kamboja (Foto: Ferdinan Rafeles/ Vibizmedia)

Kesan yang akan kita rasakan saat memasuki pasar ini adalah suasana nyaman serta sapaan-sapaan ramah para penjual yang mengajak kita untuk mampir ke kiosnya. Anda dapat menawar barang-barang yang anda minati, namun jika anda beruntung, Anda hanya dapat menawar sedikit dibawah harga yang ditetapkan penjual.

Jam operasional Russian Market adalah jam 9.00 – 16.30 ICT. Setelah Russian Market tutup, maka  selanjutnya di area parkir akan diisi oleh penjual-penjual kuliner yang beragam dan selalu ramai dikunjungi oleh penduduk dan turis di Kota Phnom Penh.