Peringati Ulang Tahun ASEAN ke-55, Sekitar 1.500 Orang Penuhi ASEAN+3 Bazaar di Mexico City

0
77
Asean Bazaar
Pada Minggu (07/08/2022) lalu sejumlah 1.500 orang memenuhi Teatro Angela Peralta, Miguel Hidalgo, Mexico City, untuk menikmati dan meramaikan ASEAN+3 Bazaar yang diinisasi oleh Kedutaan Besar RI di Mexico City (Foto: Kemlu)

(Vibizmedia – Mexico City, Meksiko)  Pada Minggu (07/08/2022) lalu sejumlah  1.500 orang memenuhi Teatro Angela Peralta, Miguel Hidalgo, Mexico City, untuk menikmati dan meramaikan ASEAN+3 Bazaar yang diinisasi oleh Kedutaan Besar RI di Mexico City – sebagai ketua ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) – dan diikuti oleh kedutaan besar negara anggota ASEAN dan negara mitra ASEAN (Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan) di Meksiko. Bazaar tersebut diselenggarakan sekaligus untuk merayakan ulang tahun ke-55 ASEAN pada 8 Agustus 2022.

Kegiatan dimulai pada pukul 11 pagi dan dibuka oleh sambutan dari Walikota Miguel Hidalgo, Mauricio Tabe, sambutan dari Duta Besar RI Mexico City (Ketua ACMC), Dubes negara mitra ASEAN, serta dari kepala bagian hubungan internasional Pemerintah Kota Miguel Hidalgo.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Cheppy T. Wartono menyampaikan terdapat kesamaan antara negara anggota ASEAN dan Meksiko dalam hal keragaman budaya, yang dapat menjadi sumber kedekatan ASEAN dengan Meksiko. Dubes RI Cheppy Wartono menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ASEAN+3 dan mendorong persahabatan, dan saling pengertian dengan masyarakat Meksiko.

ASEAN Bazaar

 

ASEAN+3 Bazaar menampilkan pertunjukan tari, musik, dan bela diri dari negara anggota dan mitra ASEAN. Penampilan tersebut juga diselingi dengan undian doorprize dengan beragam hadiah menarik. Di saat bersamaan, kedutaan besar negara anggota dan negara mitra ASEAN juga membuka booth makanan dan kerajinan tangan. Para pengunjung tampak antusias menikmati pertunjukan kebudayaan dan makanan yang disediakan. Bahkan para pengunjung tetap bertahan, walaupun Bazaar sempat diwarnai hujan ringan.

 

Tarian Bajidor Kahot yang berasal dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia menjadi penampilan kebudayaan pertama yang membuka event. Selain itu pihak Indonesia juga menampilkan tarian Joged Pingitan asal Bali, Tarian Betawi bernama Tan Hana Darmawangsa, dan sebuah tari modern. Sementara itu kedutaan besar lain menampilkan beragam tarian, musik, dan bela diri yang berhasil menghibur ribuan penonton yang hadir. Makanan Indonesia yang dijual pada acara tersebut diantaranya adalah nasi bali, sate, nasi goreng, lontong, bakso, siomay, batagor, kue dadar gulung, nagasari, talam ubi dan es cendol.

ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) merupakan forum kegiatan bersama yang dilakukan oleh Kedutaan Besar negara anggota ASEAN di Mexico City yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Keketuaan ACMC dipegang secara bergilir oleh setiap kedutaan besar selama 6 bulan di mana Indonesia memegang keketuaan untuk periode Juli – Desember 2022.

ASEAN Bazaar

Baca : Peringatan ASEAN DAY 2022 di KBRI Madrid Berlangsung Meriah