Perkuat Tusi Kehumasan Kemenkumham, Sekjen Sampaikan 5 Hal ini

0
80

(Vibizmedia – Jateng) SEMARANG – Hubungan masyarakat pada instansi pemerintahan memiliki peran yang strategis dan sangat penting dalam era digital saat ini. Hal itu ditekankan oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto saat memberikan Penguatan Tugas dan Fungsi Kehumasan, Senin (15/08).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A Yuspahruddin didampingi Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Bagian Progam dan Humas Budhiarso Widhyarsono, dan Kepala Sub Bagian HRBTI Hazmi Saefi bergabung secara virtual dari ruang kerja Kakanwil.

Pada kesempatan ini, Sekjen menyampaikan 5 (lima) arahan utama bagi pelaksana kehumasan di seluruh satker Kemenkumham. Kelima hal tersebut yakni perihal tugas dan fungsi kehumasan, perkembangan lingkungan strategis, strategi kehumasan, public relation, dan implementasi.

Membahas tugas dan fungsi kehumasan, pria dengan pangkat Jenderal Bintang Tiga itu mengingatkan setiap pelaksana kehumasan harus mampu dan mengutamakan pelaksanaan tugas pokok Kemenkumham.

“Mari kita satukan persepsi hati dan pikiran, teguhkan komitmen, glorifikasikan tugas-tugas yang ada di Kementerian ini,” ajak Andap.

Selanjutnya, menyikapi perkembangan lingkungan strategis yang terjadi di era digital ini, ia meminta jajaran Kemenkumham harus melek teknologi dan memiliki cara berpikir out of the box. Andap meminta jajaran Kemenkumham untuk tidak berhenti berinovasi, memanfaatkan teknologi, dan tidak cepat merasa puas.

“Humas tidak memenangkan pertempuran, tetapi tanpa humas, pertempuran tidak akan dimenangkan,” tegasnya.

Selain itu, Andap menyebut kunci penting dalam implementasi kehumasan adalah positioning, differentiation, dan branding. Dengan menerapkan ketiga hal itu, kata Andap, kepercayaan dari masyarakat akan dapat diraih.

Terakhir, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Hantor Situmorang, menyampaikan hasil evaluasi Keterbukaan Infomasi Publik pada website 33 Kantor Wilayah seluruh Indonesia. Ia berharap hasil evaluasi tersebut dapat ditindaklanjuti agar keterbukaan informasi dapat diimplementasikan untuk masyarakat.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Jateng