Pengibaran Bendera di Bawah Laut di 77 Lokasi Pangkalan TNI AL Semarakkan HUT RI Ke-77

0
82
pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut
Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di Pulau Putri Kepulauan Seribu dipimpin Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono (Foto: tangkapan layar BPMI/Setkab)

(Vibizmedia – Nasional) Kemeriahan yang mewarnai upacara peringatan HUT Ke-77 kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022) tidak saja disuguhkan oleh  aksi Garuda Flight Formasi 77 oleh para penerbang pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dan Nusantara Flight yang mengibarkan bendera Merah Putih Raksasa di  udara, tetapi  juga pengibaran bendera di bawah laut oleh TNI AL.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di Pulau Putri Kepulauan Seribu  dipimpin Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmad Heri Purwono dan juga secara bersamaan dilakukan di 77 lokasi pangkalan TNI AL di seluruh Indonesia.

bendera merah putih di dasar laut
Pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut (Foto: Tangkapan layar BPMI/Setkab)

Menurut Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di 77 lokasi di seluruh Indonesia ini mengisyaratkan TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan NKRI.

Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut di 77 lokasi di seluruh Indonesia (Foto: Tangkapan layar BPMI/Setkab)

Total ada sebanyak 888 penyelam gabungan dari prajurit TNI AL-Polri, Pemda, organisasi masyarakat, klub selam dan awak media serta masyarakat berpartisipasi kegiatan ini.

Para penyelam membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut.

Momen pengibaran bendera di bawah laut bertujuan untuk menunjukkan luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan di dalamnya. Kekayaan itu harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke dan Miangas hingga Rote.

Prajurit Jalasena Samudera TNI Angkatan Laut, adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

Baca: Formasi 77 Garuda Flight dan Kibaran Merah Putih Nusantara Flight