Pesona Efesus Ruins dan Basilica of St. John, Turki

Wisata Bersejarah yang Aesthetic nan Instagramable

0
214
Efesus Ruins
Perpustakaan Celcus - Efesus Ruins, Turki (Foto: Herwantoro/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Turki) Turki, negara di kawasan Eurasia yang memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang strategis karena membentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya hingga Balkan di Eropa Timur, membuat Vibiz Viewers bisa menginjakkan kaki di dua benua sekaligus dalam satu kali liburan. Melihat pesona Efesus Ruins dan Basilica of St. John, Turki. Wahhh, menarik ya…..

Bagi kamu yang memang menyukai travelling, negara dengan empat musim ini dapat menjadi salah satu referensi kamu. Salah satunya adalah di provinsi Izmir yang letaknya ada di ujung barat Anatolia. Provinsi ketiga terbesar di Turki ini menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik rasa penasaran setiap orang yang berkunjung disini.

Pemandangan di sepanjang perjalanan dari Istanbul – Turki melalui jalur darat (Foto: Herwantoro/ Vibizmedia)

Dari Istanbul, perjalanan menggunakan jalur darat bisa menjadi salah satu pilihan untuk sampai ke Izmir. Kamu hanya cukup pergi ke Terminal Kadikoy, karena disini terdapat beberapa travel yang siap mengantarkanmu ke beberapa provinsi, salah satunya Izmir. Harga di beberapa travel pun bervariasi, namun biasanya kamu hanya cukup menyediakan 400 TL atau saat ini setara dengan Rp. 400.000 per satu kali perjalanan.

Jarak tempuh dari Istanbul – Izmir pun relatif jauh yaitu sekitar 457 Km dan ditempuh sekitar 7 – 8 jam dengan bus yang beberapa kali berhenti di rest area. Namun kamu jangan kuatir, jarak dan waktu ini tidak akan terasa karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah di sepanjang perjalanan. Sebut saja indahnya perbukitan dengan suasana kota Bursa yang terlihat sangat unik dan hijaunya pohon-pohon zaitun yang bertutupkan langit biru yang menawan.

Sesampainya di Izmir, jangan lupa untuk mengunjungi Kota Selcuk. Disini Vibiz Viewers dapat mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah dan menarik pastinya. Salah satunya adalah Efesus Ruins. Dari terminal Selcuk, kamu bisa menaiki bus kecil berwarna biru dengan tujuan Ephesus, biayanyapun murah, hanya 10TL (Turkish Lira), sekitar  Rp.10.000 saja per orang. Nanti kamu akan diturunkan tepat di depan parkiran Efesus Ruins. Waktu tempuh dari terminal Selcuk ke Efesus Ruins ini kurang lebih 10 menit.

Grand Theater – Efesus Ruins, Turki (Foto: Herwantoro/ Vibizmedia)

Memasuki kawasan Efesus Ruins, kamu akan disuguhkan dengan banyaknya toko-toko souvenir khas Efesus yang bisa menjadi salah satu referensi kamu untuk membeli buah tangan buat orang tersayang. Untuk bisa menikmati uniknya bangunan-bangunan bersejarah ini, kamu cukup menyediakan 200 TL saja. Biasanya tiketnya di beli di loket depan pintu masuk yaa….

Basilica of St. John
Reruntuhan Basilica of St. John di Turki (Foto: Herwantoro/ Vibizmedia)

Hamparan reruntuhan bangunan yang aestheatic ini dipastikan dapat menambah kekaguman Vibiz Viewers terhadap situs bersejarah ini. Terutama yang paling populernya adalah Perpustakaan Celcus, yang dikenal sebagai salah satu perpustakaan terindah di Efesus. Selain itu, disini kamu juga bisa melihat bangunan teather kuno yang sangat besar dan beberapa ruangan kuliah yang digunakan oleh orang-orang Efesus pada zamannya. Tak heran, banyak wisatawan yang datang mengabadikan moment mereka disini dengan bersua foto dengan ragam pose yang menarik.

Benteng Ayasoluk - Basilica of St. John, Turki
Benteng Ayasoluk – Basilica of St. John, Turki (Foto: Herwantoro/ Vibizmedia)

Selain Efesus Ruins, jangan lupa juga untuk mengunjungi Basilica of St. John yang letaknya tidak jauh dari terminal Selcuk dan dapat dijangkau dengan hanya berjalan kaki saja. Bangunan gereja kuno yang dibangun pada abad ke 6 M ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Tiket masuknya juga relatif lebih murah yaitu 50 TL. Disini juga terdapat beberapa spot-spot foto yang instagramable. Salah satunya dibalik Benteng Ayasoluk yang ada di perbukitan Gereja kuno ini. Hamparan kota Selcuk yang kental dengan nuansa Yunani pun bisa menjadi alternatif menambah koleksi di galeri handphone kamu.

Wahhh.. tunggu apalagi, yuk segera susun rencana liburanmu dan nikmati sensasi keseruan mengunjungi tempat-tempat wisata ini. Semangat liburan!

Bethania Litha M/Journalist/Vibizmedia
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Herwantoro/Vibizmedia