Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih

0
96
Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih
Presiden Joko Widodo menerima duplikat bendera Sang Merah Putih dari Paskibraka asal Provinsi Jawa Timur, Ayumi Putri Sasaki, pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu sore, 17 Agustus 2022. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo memimpin upacara pada Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dan bertindak sebagai inspektur upacara yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu sore, 17 Agustus 2022.

Upacara penurunan bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI tersebut berjalan lancar dan penuh khidmat. Pada upacara kali ini, komandan upacara dipercayakan kepada Kolonel Pnb. Agni Prayogo yang saat ini menjabat sebagai Komandan Wing 4 Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja.

Penurunan bendera dilakukan oleh tiga orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Tim Pancasila Sakti. Perwakilan dari Provinsi Banten, Isra Mashel Arifin bertugas sebagai pembentang bendera dan Muhammad Rajwa Al Farizi dari Provinsi Jawa Tengah bertugas sebagai pengerek bendera.

Sedangkan, Komandan Kelompok 8 ditugaskan kepada Arnold Steven Sinaga, utusan dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Bendera Merah Putih kemudian diberikan kepada pembawa bendera dari Provinsi Jawa Timur, Ayumi Putri Sasaki, untuk selanjutnya diletakkan kembali di mimbar kehormatan.

Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih turut dihadiri secara langsung oleh para pemimpin lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan di TNI-Polri, hingga masyarakat umum. Selain itu, upacara juga dihadiri secara virtual oleh berbagai unsur masyarakat.

Di akhir upacara, Presiden Jokowi tampak turun dari mimbar kehormatan lalu menyalami komandan upacara. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga berkeliling dan menyalami masing-masing komandan pasukan dari tiap matra, yakni TNI AD, TNI AU, TNI AL, dan Kepolisian.