Kanwil Kemenkumham Sulut Hadiri Rakor Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Kota Bitung Tahun 2022

0
65

(Vibizmedia – Sulut) BITUNG (18/8) – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara Haris Sukamto melalui Kepala Divisi Keimigrasian Friece Sumolang menghadiri sekaligus membuka rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas antara anggota Tim Pengawasan Orang Asing Kota Bitung dalam mengantisipasi dan mencegah penyalahgunaan izin tinggal oleh wisatawan dan Tenaga Kerja Asing dalam masa Pemulihan ekonomi nasional di Kota Bitung.

Kadivim yang didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung, P. Hananto Kuscahyono selaku TIMPORA Kota Bitung dan Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Sulut, Arthur Mawikere dalam sambutannya mengatakan bahwa esensi dari kegiatan rapat TIMPORA ini tentunya menjadi sarana untuk saling bertukar informasi di antara anggota TIMPORA kota Bitung terhadap isu-isu strategis bidang keimigrasian. “Momen ini juga dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap sinergi yang telah berjalan sebelumnya sehingga nantinya dapat meminimalisasi terjadinya pelanggaran keimigrasian atau tindakan yang dilakukan oleh orang asing,” terang Friece.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi Rapat Koordinasi TIMPORA oleh Kepala Bidang Inteldakim yang menyampaikan tentang keimigrasian, layanan keimigrasian, data orang asing di Sulawesi Utara serta isu-isu aktual terkait keberadaan orang asing serta penanganan yang sudah dilakukan. Materi selanjutnya disampaikan oleh Kakanim Bitung terkait informasi keberadaan orang asing di wilayah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung.

Kegiatan yang diselenggarakan di Fave Hotel Bitung ini turut oleh para perwakilan anggota TIMPORA di Kota Bitung yakni BINDA, BNN Kota Bitung, Disnaker Kota Bitung, Disdukcapil Kota Bitung, Polres Bitung, Kodim Bitung, Kecamatan sekota Bitung, dan Kantor Bea Cukai Bitung.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Sulut)