Peran Kanwil Kumham Kalbar dalam Perlindungan Merek di Indonesia

0
74

(Vibizmedia – Kalbar) Pontianak-Kepala Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM Harniati menjadi Narasumber Kegiatan Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Dan Izin Edar Badan Pengawas Obat Dan Makanan yang dilaksanakan di Orchardz hotel Ayani Kamis(18/08/2022) Kegiatan dibuka oleh Syarif Kamaruzaman selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral. kegiatan dipandu oleh Walter Sitorus sebagai Moderator. Kegiatan  Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Izin Edar Badan Pengawas Obat dan Makanan di bawakan oleh dua Narasumber yaitu Kepala Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM, Harniati menyampaikan materi terkait Peran Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Kalimantan Barat dalam Perlindungan Merek di Indonesia. Narasumber kedua Irma Eprilina menyampaikan materi terkait Tata Cara Registrasi Pangan Olahan.

Materi yang disampaikan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Harniati adalah Peran Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM Kalimantan Barat dalam Perlindungan Merek di Indonesia. Definisi Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, Logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 ( dua ) dimensi dan /atau 3 ( tiga ) dimensi, suara , hologram, atau kombinasi 2 ( dua ) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. (ps.1 Ayat 1 UU No.20 Tahun 2016)

Fungsi merek, nilai tambah nilai ekonomi suatu produk dapat bertambah karena adanya unsur merek yang dikemas dalam bentuk menarik. Merek merefleksikan dan mencitrakan reputasi dari suatu produk dapat meningkatkan prestise konsumen yang menggunakan produk. Fungsi Pendaftaran Merek Hak Eksklusif diberikan oleh negara kepada pemilik merek terdaftar, untuk Menggunakan sendirimerektersebut Memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan merek tersebut Melarang pihak lain untuk menggunakan merek tersebut Syarat pendaftaran merek 1. Isi formular online 2. Lakukan pembayaran 3. Lampirkan label merek 4. Lampirkan surat rekomendasi & pernyataan UMK. Syarat tambahan 1. Melampirkan surat kuasa, jika dengan kuasa 2. Melampirkan bukti prioritas, jika menggunakan hak prioritas ( disertai terjemahannya).

Narasumber kedua Irma Eprilina menyampaikan materi terkait Tata Cara Registrasi Pangan Olahan Obat dan Makanan bermutu, dan berdaya saing untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong serta dengan Misi Membangun SDM unggul terkait Obat dan Makanan dengan mengembangkan kemitraan Bersama seluruh komponen bangsa dalam rangka peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Memfasilitasi percepatan pengembangan dunia usaha obat dan Makanan dengan keberpihakan terhadap UMKM dalam rangka membangun struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing untuk kemandirian bangsa.

Meningkatkan efektivitas pengawasan Obat dan Makanan serta penindakan kejahatan Obat dan Makanan melalui sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan guna perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga.

Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya untuk memberikan pelayanan  public yang prima di bidang Obat dan Makanan.

Dua Langkah Registrasi : Registrasi Akun dan Registrasi Produk Pangan olahan. Jadi sebelum registrasi produk, harus dilakukan registrasi Akun Perusahaan.(Foto/Narasi:Kontributor Yankum Ham)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar