Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Konsulat RI Tawau, Malaysia

0
69
KJRI TAWAU 1
Konsulat RI Tawau, Malaysia turut memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 dengan menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera pada Rabu 17 Agustus 2022 (Foto: Kemlu)

(Vibizmedia- Tawau, Malaysia) Konsulat RI Tawau, Malaysia turut memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 dengan menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera pada Rabu 17 Agustus 2022, pukul 07.30 waktu setempat sampai dengan selesai, bertempat di halaman Kantor Konsulat RI Tawau.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan RI, Ibu Heni Hamidah dan diikuti oleh seluruh Pegawai/Staf di lingkungan Konsulat, jajaran pengurus Darma Wanita Persatuan KRI Tawau, para tokoh masyarakat serta tamu undangan.

Paskibra Terdiri Dari 14 Pelajar Indonesia

Petugas pasukan pengibar bendera merah putih (Paskibra) dilakukan oleh 14 orang pelajar Indonesia terpilih yang berasal dari 4 Community Learning Centre (CLC) di wilayah kerja Konsulat RI Tawau, antara lain: CLC Holy Trinity, CLC Sungai Balung, CLC Tunas Perwira dan CLC KL Kepong.

Mereka dilatih secara intensif selama kurang lebih 4 minggu di bawah binaan Mayor Inf. Edi Joko Yulianto yang saat ini bertugas sebagai Indonesian Liaison officer (ILO) TNI di Tawau, yang juga bertindak sebagai Komandan Upacara.

Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini mengambil tema “PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT”, yang mengandung arti harapan agar Indonesia bisa bangkit setelah selama dua tahun sebelumnya harus bertahan dan berjuang di tengah pandemi COVID-19 yang melanda.

Mengingat Pandemi COVID-19 sudah beralih ke fase Endemik, upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan kali ini melibatkan lebih banyak peserta, dibandingkan perayaan tahun sebelumnya, namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain diikuti seluruh keluarga besar Konsulat RI Tawau yang terdiri dari pegawai/staf serta Dharma Wanita Persatuan (setingkat Puspanita), juga turut diundang masyarakat umum, para guru dan siswa CLC di wilayah kerja KRI Tawau.

Disiarkan Juga Melalui Live Facebook Konsulat

Untuk para WNI yang tidak sempat hadir langsung dan ingin menyaksikan jalannya upacara pengibaran bendera, pihak panitia juga menyiarkannya secara virtual melalui live facebook Konsulat RI Tawau.

Peserta Kenakan Baju Adat

Selain itu guna menyemarakkan serta menambah keunikan acara sekaligus menunjukkan kekayaan budaya Indonesia, para peserta yang hadir diminta untuk mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing.

Usai upacara pengibaran bendera, acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng syukuran oleh Konsul RI kepada Tokoh Masyarakat dan Home Staff yang akan selesai tugas di KRI Tawau dan kembali ke tanah air pada tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan RI Tawau juga memberikan penghargaaan kepada 5 orang pegawai/staf terbaik untuk kategori staf Ter SIGAP ( Simpatik, Inovatif, Gesit, Akuntabel, Profesional) di lingkungan KRI Tawau, serta kepada 3 orang peserta upacara, untuk kategori “BUSANA TERBAIK”.

Acara kemudian ditutup dengan kegiatan Panggung Gembira bersama WNI dan masyarakat sekitar, serta untuk menambah kemeriahan acara juga dilakukan pembagian hadiah/doorprize yang telah disediakan panitia.

Baca: Peringatan Hari Kemerdekaan di Washington DC Lebih Meriah