Sejarah Baru Di Kemenkumham, Bendera Merah Putih dan Pataka Pengayoman Berkibar di Bawah Laut Gorontalo

0
65

(Vibizmedia –  Gorontalo ) Gorontalo – (14/08) Kemeriahan Hari Kemenkumham Hari Dharma Karya Dhika ke-77 tidak hanya dirayakan dalam bentuk perlombaan atau turnamen.

Ada yang berbeda di perayaan Hari Kemenkumham tahun ini. Jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 dan acara puncak HDKD ke-77, sejumlah pejabat dan pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo menggelar pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman di bawah laut.

Hari Kemenkumham HDKD ke-77 yang mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan Berakhlak”, dimana pelaksanaan pengibaran bendera ini bertempat di bawah laut Olele desa Olele kecamatan Kabila Bone kabupaten Bone Bolango, Minggu (14/08).

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo disela-sela persiapan selam mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian jajaran Kanwil Gorontalo untuk menggelorakan serta mempromosikan keindahan bawah laut Olele, sekaligus sebagai kampanye kepada seluruh masyarakat khususnya jajaran Kanwil Kemenkumham agar senantiasa selalu menjaga kelestarian lingkungan seperti halnya terumbu karang dan biota laut lainnya. Hal ini untuk menjaga agar ekosistem bawah laut terhindar dari kerusakan.

“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kemenkumham, tetapi saya selaku pimpinan Kanwil Gorontalo mengapresiasi kerja keras, inovasi dan kreatifitas seluruh jajaran”, ujar Heni.

“Sekalipun pesertanya hanya beberapa orang, tetapi tidak mengurangi makna dari pelaksanaan pengibaran bendera ini”, lanjut Heni.

Sebelum turun untuk menyelam, Heni berpesan kepada peserta pada saat pengibaran nanti agar berhati-hati dan menjaga keselamatan selama berada dibawah laut.

Sesuai dengan informasi yang disampaikan Cecep Nawai, instruktur dari Komunitas Selam Scuba Salvador Gorontalo mengatakan bahwa pengibaran bendera ini akan dilaksanakan pada kedalaman 15 sampai dengan 20 meter dibawah laut.

Untuk pengibaran bendera merah putih dibawah laut pada umumnya sudah sering dilaksanakan baik oleh instansi maupun masyarakat pecinta selam, namun yang unik khususnya di Kementerian Hukum dan HAM, baru pertama kali dilaksanakan diseluruh Indonesia pengibaran bendera merah putih dan bendera pengayoman dibawah laut.

Diketahui turut hadir dalam pengibaran bendera merah puti dan bendera pengayoman ini, Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Heni Susila Wardoyo, Kepala Divisi Keimgrasian Andry Indardy, Kepala Divisi Yankumham Hadiyanto, Kepala Bagian Umum Candrafriandi Achmad dan pejabat fungsional dan pelaksana pada Kanwil Kemenkumham Gorontalo.

Untuk pengibaran bendera dibawah laut sendiri dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian, tentu dengan arahan dan pengawasan dari instruktur Komunitas Selam Scuba Salvador Gorontalo.

SDumber : Humas Kanwil Kemenkumham Gorontalo