Antusiasme Warga Indonesia Merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam

0
91
Hari Kemerdekaan RI ke 77
Upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, pada17 Agustus 2022 (Foto: Kemlu)

(Vibizmedia – Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam) Antusias warga Indonesia yang berada di luar negeri tidak menjadi surut untuk merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Seperti yang dilakukan di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, pada (17/8/22).

Untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19, ratusan warga Indonesia di Brunei Darussalam antusias mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan memenuhi lapangan upacara sejak pukul 07.00 pagi waktu setempat, padahal mereka datang dari berbagai penjuru Brunei Darussalam. Bahkan, masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam tetap bersemangat mengikuti jalannya upacara penurunan bendera Merah Putih pada sore harinya.

Acara ditandai dengan Upacara Pengibaran Bendera yang khidmat pada jam 8 pagi yang dipimpin oleh Duta Besar RI (Dubes) untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, MA sebagai Inspektur Upacara. Mayor Caj Tinton Kurniawan bertindak sebagai Komandan Upacara.

Pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera yang terdiri dari enam pelajar Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang berbaris secara padu dan rapih, serta melaksanakan pengibaran bendera dengan baik. Pengibaran bendera disertai dengan pengumandangan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang dinyanyikan oleh semua warga Indonesia yang hadir.

HUT Kemerdekaan RI ke 77

Duta Besar kemudian memimpin jalannya acara mengheningkan cipta untuk mengingat para pahlawan yang telah gugur demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, upacara diakhiri dengan pembacaan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Dalam berdialog dengan masyarakat Indonesia yang hadir, Duta Besar selalu menyatakan agar masyarakat  tetap menjaga persatuan dan solidaritas – saling membantu diperantauan – serta memelihara kerukunan  bersama.

Dubes Sujatmiiko menyampaikan komitmennya untuk  tidak akan jemu mengingatkan masyarakat / komunitas Indonesia di Brunei Darussalam, untuk selalu mematuhi semua hukum dan aturan yang berlaku di Brunei.

Selain itu, Dubes Sujatmiko juga menyampaikan kinerja KBRI dalam melayani WNI di Brunei, dan peningkatan kerja sama bilateral RI-Brunei Darussalam, termasuk kegiatan-kegiatan KBRI Bandar Seri Begawan dalam peran serta membantu pemulihan ekonomi di tanah air.

Selanjutnya, dilakukan pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada Pegawai (Home Staff) KBRI Bandar Seri Begawan. Piagam Penghargaan juga diberikan warga Indonesia yang telah berjasa memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam dan berperan serta dalam Promosi Kuliner Indonesia. Disamping itu, juga diberikan penghargaan atas Pengabdian sebagai Pegawai Setempat pada KBRI Bandar Seri Begawan dengan masa kerja lebih dari dua puluh tahun dan lebih dari sepuluh tahun, serta penghargaan sebagai Pegawai Setempat dengan Kinerja Terbaik pada tahun 2022.

HUT Kemerdekaan RI ke 77

Perayaan kemerdekaan Indonesia diakhiri dalam suasana yang meriah dengan aubade yang terdiri dari 20 anak yang berusia antara 5 hingga 12 tahun, yang mengenakan pakaian adat berwarna-warni, dan menyanyikan lagu kebangsaan dan daerah dengan penuh semangat. Duta Besar, Wakil Kepala Perwakilan RI, para diplomat dan pegawai setempat, beserta keluarga mereka, juga tidak kalah dengan mengenakan pakaian adat. Acara perayaan kemerdekaan Indonesia berakhir dengan sesi foto antara Duta Besar dengan semua masyarakat Indonesia yang telah hadir di KBRI Bandar Seri Begawan.

HUT Kemerdekaan RI ke 77
Acara perayaan kemerdekaan Indonesia berakhir dengan sesi foto antara Duta Besar dengan semua masyarakat Indonesia yang telah hadir di KBRI Bandar Seri Begawan.
 (Foto: Kemlu)

Baca: Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di KJRI Davao City, Filipina Selatan