Baker Street di London, Stasiun Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia

0
158
Baker Street Underground London di Inggris
Baker Street Underground London di Inggris (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Ingin tahukah anda ada di mana stasiun kereta bawah tanah tertua di dunia? Ya, Inggris jawabannya. Baker Street Underground London namanya.

Kereta bawah tanah menjadi suatu alat transportasi pilihan utama bagi masyarakat kota-kota besar. Kenapa? Karena model transportasi ini sangat cocok digunakan di kota padat penduduk yang memegang peranan penting dalam menggerakkan perekonomian. Sehingga tak heran jika sudah banyak negara yang menerapkan sistem kereta api bawah tanah ini.

Para penumpang sedang menunggu kedatangan kereta (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)
Para penumpang sedang menunggu kedatangan kereta (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)

Sejarah kehadiran Baker Sreet underground  karena pengaruh bertambah banyaknya populasi penduduk serta perluasan fisik kota London pada pertengahan pertama abad ke-19. Jalan-jalan yang padat dengan jarak ke kota dari stasiun ke utara dan barat mendorong banyak usaha untuk membangun jalur transportasi baru yang terbebas dari kemacetan.

Suasana Underground London (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)
Suasana Underground London (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)

Pada tanggal 10 Januari 1863  Baker Street Undergound London di Inggris untuk pertama kalinya dibuka. Saat itu gerbong bawah tanah masih diterangi dengan lampu gas. Pengoperasian kereta uap pulang pergi dari Paddington Station ke Farringdon Street, melewati pemberhentian di Edgware Road, Baker Street, Portland Road, Gower Street, dan King’s Cross.

Lokasi Stasiun Baker Street ada di persimpangan Baker Street dan Marylebone Road di Westminster. Stasiun ini sangat terkenal karena dekat  tempat-tempat wisata seperti Regent’s Park, Lord’s Cricket Ground, Museum Sherlock Holmes, dan Madame Tussauds.

 Suasana dalam kereta Underground London(Foto: Zefanya/ Vibizmedia)
Suasana dalam kereta Underground London (Foto: Zefanya/ Vibizmedia)

Stasiun Underground di London saat ini memiliki 11 jaringan kereta yang menghubungkan berbagai wilayah di London dan sekitarnya.